Segera Hapus! 3 Aplikasi di Ponsel Android Ini Diklaim Bisa Kuras Rekening

ponsel android
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID –  Berikut ini 3 aplikasi di ponsel android yang diklaim bisa menguras rekening. Menurut penelitian dari Tim Peneliti Keamanan Siber ESET, ada tiga aplikasi berbahaya yang perlu diwaspadai di perangkat Android.

Menurut ESET, aplikasi-aplikasi tersebut dapat menyebarkan malware ke dalam perangkat ponsel korban. Oleh karena itu, jika sudah terlanjur menginstal aplikasi-aplikasi tersebut, sebaiknya segera dihapus.

Para peneliti juga mencatat bahwa malware tersebut menggunakan alat pengembangan aplikasi yang sah. Namun, alat tersebut dimanfaatkan untuk menyimpan informasi yang sensitif, sehingga membuat alat keamanan sulit untuk mendeteksinya.

Advertisement

Tiga aplikasi yang dimaksud adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom.

Baca Juga :  Instagram Pribadi Menko Polhukam Mahfud MD Diretas, Muncul Unggahan Bahasa Tabrani

Menurut peneliti ESET, “Aplikasi yang mengandung XploitSPY dapat mengekstrak daftar dan file kontak, lokasi GPS perangkat, serta nama file dalam direktori khusus yang terhubung dengan kamera, unduhan, dan berbagai aplikasi pesan seperti Telegram dan WhatsApp.”

“Malahware juga menggunakan library asli yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi Android untuk meningkatkan performa dan mengakses fitur sistem. Namun, dalam kasus ini, library tersebut dimanfaatkan untuk menyimpan informasi sensitif seperti alamat server C&C, sehingga membuat alat keamanan sulit untuk menganalisis aplikasi,” jelas para peneliti.

Mayoritas korban yang disasar berada di India dan Pakistan. Malware ini dapat mengakses berbagai informasi, mulai dari daftar kontak hingga lokasi GPS perangkat, bahkan sampai risiko mengakses informasi keuangan termasuk data perbankan.

Baca Juga :  Pemerintah China Blokir 2 Aplikasi Pengganti Whatsapp

Sebaiknya segera hapus ketiga aplikasi tersebut dari perangkat HP Android Anda.

Untuk menghapusnya, Anda dapat masuk ke aplikasi Google Play Store, kemudian klik ikon Profil dan pilih Manage apps and devices. Cari nama aplikasi yang ingin dihapus dan klik Uninstall untuk menyelesaikan prosesnya. Semoga informasi ini bermanfaat!. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================