Bunga Bangkai Hebohkan Warga Bogor, Awalnya Sempat Dikira Ubi

bunga bangkai
Warga melihat bunga bangkai yang tumbuh di halaman rumah warga Warga Gang Binaan RT 5/ 4, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID –  Warga Gang Binaan RT 5/ 4, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat dihebohkan dengan kemunculan bunga bangkai di halaman salah satu rumah warga.

Bunga bangkai dengan diameter sekitar 60 sentimeter tiba-tiba mekar dan mengeluarkan aroma tidak sedap yang mirip dengan bau bangkai tikus.

Hal ini menarik perhatian banyak warga, sehingga mereka berkerumun untuk melihat bunga bangkai tersebut.

Advertisement

Pemilik halaman, Hasan Basri, menjelaskan bahwa bunga tersebut sudah tumbuh di pekarangannya sejak dua tahun lalu tanpa sengaja.

Baca Juga :  Sah! Jokowi Larang Jual Rokok Ketengan

bunga bangkai

Meskipun tidak mengetahui jenis bunga tersebut, Hasan selalu merawatnya seperti tanaman lainnya di halaman rumahnya.

“Awalnya bentuk bunga ini seperti talas atau ubi, tetapi lama kelamaan berkembang menjadi seperti payung dan baru mekar sepekan yang lalu dan mengeluarkan bau tidak sedap,” ungkap Hasan.

Bunga tersebut ternyata dikenal sebagai “suweg” atau Amorphophallus paeoniifolius dalam istilah ilmiahnya.

Bunga suweg terkenal dengan aroma menyengatnya yang mirip dengan bau bangkai tikus atau hewan mati.

Selama puncak mekarnya, aroma tidak sedap ini dapat tercium dalam jarak yang cukup jauh, bahkan sampai ke dalam rumah Hasan yang berjarak 6-8 meter.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto Umumkan Rencana Pemberian BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024

Meskipun banyak mengundang lalat hijau, bunga ini menjadi tontonan menarik bagi warga yang berdatangan untuk melihatnya dan bahkan berfoto bersama.

Hasan tetap berencana mempertahankan bunga tersebut di halaman rumahnya, dengan menambahkan peringatan agar tidak dipegang atau dirusak oleh orang lain. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================