Hari Batik Nasional, Merayakan Warisan Budaya di Tengah Kota

hari batik nasional
Kota Bogor sukses mencatat sejarah baru dengan memecahkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI) melalui pembentangan kain batik motif Bogor dan motif nusantara sepanjang 4,1 km.

TIMETODAY.ID – Dalam semangat memperingati Hari Batik Nasional, Kota Bogor menciptakan momen bersejarah dengan membentangkan kain batik sepanjang 4,1 kilometer hingga menjadi rekor baru dari Original Rekor Indonesia (ORI). Acara spektakuler ini berlangsung di Pedestrian Kebun Raya Bogor dan merupakan bagian dari Bogor Batik Festival ke-15.

Kehadiran Penjabat Wali Kota Bogor, Hery Antasari, dan Pj Ketua TP PKK Kota Bogor, Windhy Wuryaning Tyas, menambah kemeriahan acara.

Hery menyampaikan bahwa pembentangan kain batik bukan hanya sekadar kegiatan, melainkan sebagai penghargaan terhadap warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia.

Advertisement
Baca Juga :  10 Ucapan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2024, Pas untuk Status Whatsapp

“Ini adalah bukti sinergi pentahelix di mana masyarakat, komunitas, dan pemerintah berkolaborasi untuk merayakan keindahan batik. Pembentangan batik adalah bentuk nyata penghargaan kita terhadap batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia,” ujarnya.

Hery juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil inisiatif dari masyarakat dan komunitas yang berkomitmen untuk memajukan Kota Bogor.

“Saya berharap acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun, sebagai bentuk konsistensi kita dalam melestarikan budaya,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Windhy Wuryaning Tyas, menyoroti pentingnya kreativitas masyarakat dalam melestarikan batik.

Baca Juga :  Kisah Zahrudin, Sopir Truk Boks di Balik Detik-Detik Kecelakaan

“Festival ini menunjukkan potensi luar biasa yang dimiliki masyarakat Kota Bogor. Kami harus terus berinovasi dan menjaga warisan budaya ini agar tetap hidup,” ungkapnya.

Dengan suksesnya pemecahan rekor ini, Bogor Batik Festival tidak hanya menjadi perayaan, tetapi juga langkah strategis untuk mengangkat batik Kota Bogor ke kancah internasional. Windhy menyatakan,

“Kami memiliki peluang besar untuk Go Internasional, dan kita perlu lebih kreatif dalam memanfaatkannya,” tuntasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================