Pabrik Komponen iPhone Terbakar, Nasib Karyawan Menghawatirkan      

pabrik komponen iPhone
Pabrik komponen iPhone milik Tata Electronics di Hosur, Tamil Nadu, India, terbakar, pada Minggu (29/9/2024), Foto : Ist.

TIMETODAY.ID –  Kebakaran terjadi di pabrik komponen iPhone milik Tata Electronics di Hosur, Tamil Nadu, India, pada Minggu (29/9/2024), 10 orang terluka.

Kejadian ini menjadi tambahan masalah bagi rantai pasokan Apple di India dalam beberapa tahun terakhir.

Tata Electronics, salah satu pemasok utama Apple di India bersama Foxconn, sedang melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Advertisement

Mereka berkomitmen untuk mengambil tindakan guna melindungi karyawan serta pemangku kepentingan.

Kebakaran terjadi di sekitar gedung lain dalam kompleks pabrik yang akan memproduksi iPhone dalam beberapa bulan mendatang, sehingga produksi sementara dihentikan.

Baca Juga :  RSUD Leuwiliang Punya Dokter Patologi Anatomik, Ini Jadwalnya

Pejabat distrik Tamil Nadu, K.M. Sarayu, menyatakan api sudah berhasil dipadamkan, meskipun asap masih keluar akibat bahaya bahan kimia di lokasi, yang menghambat tim penyelamat untuk masuk dan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Saksi mata di sekitar lokasi, Savitri, menyebutkan adanya suara keras sekitar pukul 5.30 pagi, yang disusul oleh kepulan asap tebal hingga pukul 10 pagi. Sebanyak 523 pekerja yang berada di pabrik saat kejadian berhasil dievakuasi.

Baca Juga :  Golkar - PDIP Kian Romantis, Partai Politik Lain Siap Menyusul

Tata Electronics menyampaikan bahwa protokol darurat mereka telah memastikan keselamatan para pekerja, dan mereka akan mengambil langkah tambahan untuk memastikan keamanan fasilitas.

Namun, pejabat setempat J. Saravanan belum dapat memastikan kapan produksi akan kembali dimulai, mengingat tim penyelidik masih perlu mengakses area terdampak untuk memahami kerusakan lebih lanjut. Hingga kini, Apple belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden ini. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================