Fenomena Langka: Bumi Akan Memiliki Satelit Mini Mulai 29 September 2024

fenomena langka
Bumi akan memiliki satelit baru yakni asteroid 2024 PT5. Ukurannya yang kecil membuat peneliti menamakannya bulan mini. (DOK/Times of India)

TIMETODAY.ID – Pada 29 September 2024, Bumi akan mengalami fenomena langka, yaitu kehadiran satelit mini. Berdasarkan laporan Al Jazeera, Minggu (22/9/2024), satelit ini adalah asteroid kecil yang terperangkap oleh gravitasi Bumi dan akan mengorbit selama dua bulan, dari akhir September hingga akhir November 2024. Asteroid ini, yang dinamakan 2024 PT5, berperilaku seperti satelit Bumi lainnya, namun ukurannya jauh lebih kecil.

Menurut para astronom, 2024 PT5 merupakan sebuah asteroid yang tertarik ke orbit Bumi oleh gravitasinya. Hal ini membuatnya terlihat seperti bulan mini baru, meskipun ukurannya hanya sekitar 10 meter. Ukurannya yang kecil membuatnya sulit dilihat tanpa bantuan teleskop.

Baca Juga :  Cek Harga 5 Ponsel Kelas Menengah Terbaru 2024, Tawarkan Spesifikasi Mewah

Fenomena ini tergolong jarang terjadi. Biasanya, asteroid tertarik ke orbit Bumi sekali dalam 10 hingga 20 tahun, dan mereka dapat bertahan di eksosfer, sekitar 10.000 km di atas permukaan Bumi, selama beberapa bulan hingga dua tahun sebelum akhirnya terlepas dari tarikan gravitasi dan kembali ke luar angkasa.

Advertisement
Baca Juga :  X atau Twitter Bakal Diblokir, Pengguna Diminta Pindah Platform  

Sebagian besar asteroid yang menjadi bulan mini berasal dari sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Berbeda dengan bulan asli Bumi yang memiliki orbit stabil, bulan mini biasanya mengikuti jalur orbit tidak teratur yang disebut orbit “sepatu kuda”, akibat tarikan gravitasi Bumi yang terus-menerus memengaruhinya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================