46 Persen Gen Z Tinggalkan Google, Aplikasi Ini Jadi Buruan

Gen Z
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini, generasi muda atau Gen Z lebih banyak menggunakan platform media sosial dibandingkan dengan Google untuk mencari informasi dan berita terbaru.

Laporan terbaru dari Forbes Advisor bekerja sama dengan Talker Research mengungkapkan kebiasaan pengguna internet di Amerika Serikat (AS) melalui survei terhadap 2.000 orang.

Hasil survei menunjukkan bahwa 46% Gen Z lebih memilih menggunakan media sosial seperti TikTok dan Instagram dibandingkan dengan mesin pencari Google untuk mencari informasi.

Advertisement

Tren serupa juga terlihat di kalangan Millennials dengan angka 35%. Sementara itu, hanya 18% dari Gen X yang lebih sering menggunakan TikTok dan Instagram daripada Google untuk mencari berita.

Lebih rendah lagi, Baby Boomers hanya 7% dan Silent Generation hanya 2%, menurut laporan dari MarketingDive, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga :  Peneliti Sebut Ai Jadi "Kiamat" Baru Bagi Manusia

Google sendiri pernah mengakui bahwa keberadaan media sosial seperti TikTok dan Instagram menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnisnya.

Hal ini diungkapkan oleh Senior Vice President Google, Prabhakar Raghavan, pada tahun 2022 lalu.

Menanggapi tren ini, Google berfokus pada teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk kembali menarik pengguna internet. Baru-baru ini, Google menambahkan fitur serupa ChatGPT pada layanan pencariannya.

Di saat yang sama, TikTok juga bereksperimen dengan chatbot AI, begitu pula dengan Meta yang menambahkan kemampuan AI ke dalam portofolio produknya, kecuali Threads.

Semua raksasa teknologi bergerak ke arah yang sama, yaitu pengembangan AI pada platform mereka untuk menarik pengguna internet.

Baca Juga :  Demi AI, Microsoft Rela Ganti Tombol Windows pada Keyboard

Lebih lanjut, studi Forbes Advisor juga menganalisis kebiasaan pengguna internet Gen Z. Misalnya, apa yang mereka lakukan saat menjelajahi konten di platform TikTok, Instagram, dan Google.

Ternyata, TikTok paling banyak digunakan untuk mencari ide kado, inspirasi makeup dan rambut, tips fitness dan kesehatan, resep makanan, serta merek fesyen.

Sementara itu, Google masih mendominasi sebagai platform untuk mencari informasi terkait layanan purnajual mobil, jasa kebersihan, rekomendasi restoran dan bar, rekomendasi perangkat elektronik, serta layanan keuangan.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================