Kisah Haru Quan Hongchan, Atlet Loncat Indah Sabet Medali Emas untuk Pengobatan Sang Ibu

Quan Hongchan
Quan Hongchan kembali meraih medali emas di cabang olahraga loncat indah Olimpiade Paris 2024. Photo: Mike Egerton/PA Images via Getty Images.

TIMETODAY.ID – Quan Hongchan kembali meraih medali emas di cabang olahraga loncat indah. Bersama rekannya, Chen Yuxi, atlet asal China ini berhasil mendapatkan skor tertinggi dalam kategori 10 meter.

Aksi loncat mereka yang indah dan kompak di Olimpiade membuat netizen kagum. Kisah haru Quan Hongchan yang mendedikasikan kerja kerasnya untuk sang ibu kembali menjadi viral.

Quan Hongchan adalah atlet loncat indah yang memenangkan tiga medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Advertisement

Remaja berusia 17 tahun ini telah menjadi sorotan sejak Olimpiade Tokyo 2021 karena kemampuannya yang luar biasa dan usianya yang masih muda.

Prestasinya yang gemilang didukung oleh motivasi yang kuat, yaitu kondisi kesehatan ibunya yang serius.

Baca Juga :  Indonesia Bersinar Terang di Olimpiade Paris 2024, Raih Prestasi Gemilang

Menjadi atlet loncat indah termuda China yang memenangkan emas Olimpiade, latar belakang kehidupan Quan Hongchan juga menarik perhatian.

Gadis ini berasal dari keluarga sederhana di desa terpencil Maihe. Ayahnya adalah petani jeruk, sementara ibunya bekerja di pabrik sebelum mengalami kecelakaan mobil yang mengganggu kesehatannya.

Bakat Quan pertama kali ditemukan saat ia bermain lompat bersama teman-temannya. Pelatih Chen Huaming dari Sekolah Olahraga Zhanjiang melihat potensinya dan terkesan dengan kemampuan lompat Quan yang tinggi meski tubuhnya kecil.

“Pelatih Chen mencari bakat muda di area-area terpencil. Dia datang ke rumahku dan berbicara dengan orang tuaku. Dia mengajariku loncat indah. Aku tidak pernah melakukan olahraga lain, tetapi aku suka bermain air. Aku tidak pandai belajar, tetapi aku menemukan kepercayaan diri dalam loncat indah,” ujar Quan dilansir Xinhanet, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga :  5 Atlet Jabar Siap Perkuat Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Setelah kemenangan bersejarahnya, Quan ditanya tentang motivasinya oleh para reporter. Ia menyebutkan bahwa ia mendedikasikan medali emas tersebut untuk membiayai pengobatan ibunya.

“Aku ingin menghasilkan cukup uang untuk mendukungnya secara finansial. Aku mendengarkan pelatihku dan mengikuti semua instruksinya,” kata Quan Hongchan kepada Associated Press. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================