Hery Antasari Minta Pembangunan Pasar Jambu Dua Dirampungkan

Pasar Jambu Dua
Pasar Jambu Dua, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, meminta Perumda Pasar Pakuan Jaya segera menyelesaikan pembangunan Pasar Jambu Dua.

Saat ini, pembangunan tinggal menyisakan sekitar empat persen lagi yang belum selesai, khususnya Blok C yang diperuntukkan bagi pedagang buah dan daging giling.

Sedangkan Blok A dan Blok B, yang diperuntukkan bagi pedagang basah eksisting dari Pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor, sudah selesai.

Advertisement

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya, Jenal Abidin, menyatakan bahwa progres pembangunan telah mencapai 96 persen.

“Masih ada empat persen yang perlu diselesaikan oleh PT Bogor Artha Makmur (BAM), yakni Blok C yang kini sedang dalam tahap persiapan pembangunan. Blok A dan B sudah sepenuhnya selesai,” ujar Jenal, Kamis (1/8/2024).

Jenal menambahkan bahwa pembangunan Pasar Jambu Dua tidak bisa dipisahkan dari rencana revitalisasi Pasar Bogor. Pedagang basah dari Pasar Bogor akan dipindahkan ke Pasar Jambu Dua, sementara pedagang kering, seperti yang menjual fashion, akan dipindahkan ke Pasar Sukasari.

Baca Juga :  YUK KENALAN DENGAN SCABIES

“Revitalisasi Pasar Bogor akan dimulai setelah Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari selesai, karena kami tidak menyediakan tempat penampungan sementara bagi pedagang Pasar Bogor,” jelasnya.

Saat ini, sekitar 300 pedagang eksisting Pasar Jambu Dua sudah pindah dari tempat penampungan sementara ke dalam pasar. Sementara itu, pemindahan pedagang Pasar Bogor akan dilakukan secara bertahap. Tercatat ada 150 pedagang Pasar Bogor yang sudah mendaftar atau memesan tempat di Pasar Jambu Dua.

“Kami mengimbau pedagang dari Pasar Bogor yang sudah memesan tempat untuk segera pindah ke Pasar Jambu Dua,” tegasnya.

Terpisah, Direktur Utama PT BAM, MH Ages, mengatakan bahwa Pasar Jambu Dua siap menampung pedagang eksisting dari Pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor.

Pasar ini memiliki total 1.140 kios dan los yang diperuntukkan bagi pedagang basah, seperti sayur-sayuran, daging, buah-buahan, sembako, daging giling, ayam, bumbu giling, dan lainnya.

Baca Juga :  Perumda PPJ Gelar Beauty Contest Plaza Bogor

Pasar Jambu Dua ini adalah pusat bagi pedagang basah dari eksisting Pasar Jambu Dua dan Pasar Bogor. Saat ini, bangunan Blok A dan B sudah 100 persen selesai,” ucap Ages ditemui di kantor PT BAM, Jambu Dua.

Ia menambahkan bahwa 150 pedagang Pasar Bogor yang sudah mendaftar ke Pasar Jambu Dua sempat menyatakan keinginan mereka untuk pindah bersama-sama dengan semua pedagang di Pasar Bogor. Namun, ia meyakinkan para pedagang yang sudah mendaftar untuk segera mengisi los atau kios mereka.

“Sebenarnya, masa Hak Guna Bangunan di Pasar Bogor sudah habis, jadi semua pedagang memang harus pindah ke Pasar Jambu Dua. Kami menampung aspirasi pedagang di Bogor ini sesuai dengan perintah Wali Kota dan Perumda Pasar Pakuan Jaya,” jelasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================