Google Bakal Hapus Aplikasi di Play Store Mulai 31 Agustus, Cek Daftarnya!

Google
Logo Google.

TIMETODAY.ID – Google membersihkan Play Store dari aplikasi-aplikasi yang tidak memenuhi persyaratan. Semua aplikasi yang tidak sesuai akan dihapus dari Play Store.

Google mengumumkan kebijakan baru yang akan berlaku mulai 31 Agustus 2024. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar aplikasi tetap tersedia di Play Store.

Google menegaskan bahwa aplikasi harus stabil, responsif, dan menarik. Selain itu, aplikasi harus memenuhi kebijakan spam dan memiliki fungsi minimum yang diperlukan.

Advertisement

Aplikasi yang sering crash atau down tidak akan diizinkan di Play Store. Demikian pula, aplikasi yang tidak memiliki konten menarik atau konsisten akan dihapus.

Baca Juga :  Kapan iPhone 16 Diluncurkan? Berikut Bocoran Tanggalnya

Di situs resminya, Google juga memberikan contoh masalah pada aplikasi yang tidak akan diizinkan di Play Store.

“Kami tidak mengizinkan aplikasi yang mengalami crash, force close, freeze, atau fungsi tidak normal lainnya,” tulis Google dalam salah satu contohnya yang dikutip Rabu (24/7/2024).

Sementara itu, The Verge melaporkan bahwa Google menambahkan syarat baru untuk aplikasi di Play Store. Salah satunya adalah aplikasi yang memenuhi standar katalog Play.

Baca Juga :  Jangan Asal Beli! Begini 4 Jurus Jitu Membongkar Spesifikasi Ponsel 2024

“Memastikan aplikasi memenuhi standar yang ditingkatkan untuk katalog Play dan melibatkan pengguna dengan fungsionalitas berkualitas,” kata Google.

Kebijakan baru Google ini adalah upaya untuk mengawasi aplikasi di toko aplikasinya. Sudah jutaan aplikasi bermasalah yang telah dihapus dari Play Store.

Misalnya, menurut catatan Android Authority, sebanyak 2,28 juta aplikasi diblokir selama tahun 2023 karena melanggar kebijakan dan membahayakan keamanan pengguna. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================