Sekarang iPhone dan Android Bisa Chat Tanpa Aplikasi

iPhone
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Pemilik iPhone sekarang dapat mengobrol dengan pengguna Android tanpa perlu aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Hal ini terjadi karena Apple akhirnya mengadopsi standar perpesanan Rich Communication Services (RCS) untuk iPhone.

Pada acara WWDC 2024, Apple mengumumkan dukungan RCS untuk aplikasi Messages di iPhone. Menurut pengumuman tersebut, RCS akan hadir di iPhone melalui pembaruan sistem operasi iOS 18.

RCS adalah standar perpesanan baru yang menggantikan SMS dan MMS. Google lebih terdepan menggunakannya untuk aplikasi Messages di ponsel Android.

Advertisement

RCS berbeda dengan metode lama seperti SMS dan MMS yang tidak mendukung banyak fitur, sehingga menyebabkan foto dan video terkompresi saat dikirimkan. Masalah keamanan juga menjadi perhatian karena SMS tidak didukung dengan enkripsi.

Baca Juga :  Gak Perlu Beli! Di Bogor Hadir Rental iPhone, Pas untuk Bergaya saat Bukber dan Lebaran

Sebelum ada fitur Rich Communication Services, seseorang yang tidak menggunakan iPhone, iOS akan menggunakan SMS dan MMS untuk menerima pesan. Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, hal ini dianggap merepotkan pengguna dan memicu perdebatan “Gelembung Biru vs Gelembung Hijau”.

Dengan kata lain, RCS di iPhone akan menggantikan SMS antara perangkat iOS dengan pengguna HP Android. Jadi, pengalaman berkirim pesan antara pengguna iPhone dan Android akan mirip seperti WhatsApp atau iMessage.

Namun, Apple belum menjelaskan secara rinci bagaimana dukungan RCS di iPhone akan bekerja. Hanya ada satu gambar yang sedikit menggambarkan RCS di iPhone.

Baca Juga :  Instagram Perkenalkan Fitur "Teen Accounts" untuk Lindungi Pengguna Remaja

Gambar tersebut diunggah Apple di situs resminya, menunjukkan kolom teks di aplikasi pesan dengan keterangan “RCS”. Apple juga menyebutkan bahwa fitur Read Receipts akan diaktifkan setelah RCS diluncurkan ke iOS 18.

Selain itu, terlihat bahwa RCS masih mempertahankan gelembung hijau untuk menandakan pesan yang dikirim ke pengguna Android.

Seperti yang dikatakan Apple sebelumnya, penerapan RCS di iPhone tidak berarti perusahaan tersebut membuka pengiriman pesan ke platform lain. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================