Pengurus SOIna Dilantik, Asmawa Tosepu : Warna Baru Olahraga Kabupaten Bogor

Asmawa Tosepu
Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu sat menghadiri pelantikan ketua dan pengurus SOIna Kabupaten Bogor periode 2024-2028, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Minggu (23/6/2024). Foto : Ist.

TIMETODAY.ID –  Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu berharap kehadiran pengurus dapat memperkaya pengembangan olahraga di Kabupaten Bogor.

Asmawa menyatakan bahwa pelantikan resmi pengurus Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Bogor oleh pengurus tingkat Jawa Barat memberikan semangat baru dalam pembinaan olahraga di Kabupaten tersebut.

“Saya berharap SOIna di Kabupaten Bogor dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan olahraga. Semoga ini menjadi titik awal untuk memperkuat semangat olahraga di Kabupaten Bogor,” kata Asmawa usai menghadiri pelantikan ketua dan pengurus SOIna Kabupaten Bogor periode 2024-2028, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Minggu (23/6/2024).

Advertisement

Menurutnya, SOIna adalah lembaga yang fokus pada pembinaan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual, yang beroperasi dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota.

“Saya mengimbau untuk segera merancang rencana pembinaan olahraga Special Olympics ini secara komprehensif dan realistis. Perlu segera melakukan koordinasi dan membangun kerja sama yang baik dengan berbagai pihak terutama para pemangku kepentingan di bidang olahraga,” pintanya.

Baca Juga :  Sungai Ciliwung Diselimuti Busa Putih, Aktivis Lingkungan : Baru Pertama Kali

Asmawa juga menyoroti bahwa Kabupaten Bogor, dengan populasi sekitar 5,7 juta jiwa dan infrastruktur yang memadai, memiliki potensi besar dalam pembinaan olahraga. Dia mengajak semua stakeholders terlibat untuk bersama-sama merancang blueprint pengembangan olahraga di Kabupaten Bogor.

“Dengan demikian, kita bisa memiliki visi misi yang sama dalam upaya memajukan olahraga di Kabupaten Bogor,” tambah Asmawa.

Sementara itu, Ketua SOIna Jawa Barat, Parsaoran, memberikan pesan kepada pengurus yang baru dilantik untuk tetap semangat dalam mengabdi pada pembinaan dan meningkatkan prestasi olahraga bagi penyandang disabilitas intelektual di Kabupaten Bogor.

“Tugas berat kini diemban oleh para pengurus baru, saya menekankan pentingnya menjaga kolaborasi, serta menjaga sinergi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai mitra dalam pengembangan olahraga,” kata Parsaoran.

Baca Juga :  Pj Bupati Bogor dan DPRD Setujui Raperda RPJPD 2025-2045

Di tempat yang sama, Ketua SOIna Kabupaten Bogor, Ahmad Azwari, menjelaskan bahwa SOIna Kabupaten Bogor fokus pada pembinaan olahraga bagi anak-anak berbakat khusus atau difabel intelektual. Dia mengajak semua pihak untuk mendukung program SOIna dengan tujuan membawa kebahagiaan bagi anak-anak dan mendorong mereka untuk meraih prestasi.

“Kami telah menyiapkan program-program jangka pendek dan jangka panjang, termasuk pembentukan tujuh klub SOIna di SMP di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ahmad menambahkan bahwa dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor, mereka akan menyelenggarakan kejuaraan olahraga tingkat kabupaten dengan delapan cabang olahraga yang akan berlangsung pada bulan September dan Oktober. Selain itu, mereka juga merencanakan penyelenggaraan SOIna Cup pada bulan Agustus. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================