KM Umsini Terbakar, 1.677 Penumpang Gagal Berangkat

KM Umsini
KM Umsini yang sedang bersandar di dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, mengalami kebakaran dengan membawa 1.677 penumpang. Foto : twitter @Johans32078113.

TIMETODAY.IDKM Umsini yang sedang bersandar di dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, mengalami kebakaran dengan membawa 1.677 penumpang.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Para penumpang yang seharusnya menuju Surabaya, Kijang, dan Jakarta akan dipindahkan ke kapal Pelni lainnya yang akan melewati Makassar.

“Penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan dipindahkan ke KM Labobar pada Selasa (11/6), sementara penumpang yang melanjutkan ke Jakarta akan naik KM Dorolonda pada hari yang sama, semuanya berangkat dari Makassar,” ujar Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto dalam keterangan persnya, Minggu (9/6/2024).

Advertisement
Baca Juga :  Kasus Judi Online Terbongkar, 2 Selebgram Cantik Asal Bogor Diamankan

Evan menjelaskan bahwa api diduga berasal dari motor bantu. Api pertama kali diketahui pada pukul 04.20 WITA, yang diduga berasal dari percikan api di motor bantu di ruang mesin. Api berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 WITA.

Para ABK kapal dengan sigap berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam CO2 yang ada di kapal, dan pada saat yang sama mengevakuasi penumpang ke dermaga.

“Kami saat ini terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait,” tambahnya.

Pemeriksaan mengenai dampak dan penyebab kebakaran akan dilakukan setelah proses pendinginan selesai. Evan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam penanganan kebakaran, termasuk pihak pemadam kebakaran Kota Makassar yang menyiagakan delapan unit mobil pemadam di dermaga saat insiden terjadi.

Baca Juga :  Petugas Keamanan Kompleks Diserang Geng Motor, 4 Pelaku Dirungkus

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang akibat kejadian ini. Kami juga mengimbau kepada calon penumpang untuk menyesuaikan rencana perjalanannya. Informasi terkait pembatalan tiket, penyesuaian jadwal, dan informasi lainnya dapat diperoleh melalui saluran resmi,” tutupnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================