SOLUSI AGAR GURU BEBAS DARI PINJOL

HERU_OPINI
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

SUNGGUH memprihatinkan profesi guru yang sangat mulia ini bisa terjerat dengan pinjaman online (Pinjol), hal ini kita ketahui setelah ada laporan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK telah mengungkapkan bahwa guru menjadi profesi yang paling banyak menggunakan pinjaman online (pinjol).

Advertisement

Berdasarkan survei yang diungkapkan oleh NoLimit Indonesia pada tahun 2021, sebanyak 42 persen pengguna pinjol di Indonesia di dominasi oleh guru.

Pasti alasan klasik mengapa guru sebagai profesi terhormat sampai terjerat pinjol, yaitu karena gajinya kecil, betul kan.

Guru terjerat pinjol juga bisa karena alasan komsumtif, gaya hidup dan sifat hedonisme, meski ini kecil prosentasinya.

Lo kok ada guru yang hedon? ya ada meski hanya sedikit, yaitu guru yang dapat sertifikasi, tapi dananya untuk beli atau digunakan untuk hal-hal yang konsumtif.

Bukan untuk mengembangkan diri seperti kuliah lagi, ikut kepelatihan, beli buku atau hal-hal yang dapat meningkatkan kompetensinya.

Baca Juga :  Resmi! Tarif Tol Bocimi Akan Naik Mulai 7 Agustus 2024, Segini Tarifnya

Padahal menurut penulis gaji itu hanya salah satu rejeki dari Tuhan Yang Maha Kuasa, masih ada banyak rejeki yang lain, seperti sehat walafiat.

Rezeki keluarga dalam keadaan yang baik-baik saja, saudara, tetangga dan teman yang baik, lingkungan yang nyaman dan aman, keimanan dan ketaatan dalam beribadah itu semua termasuk rejeki juga bro.

Maka jika gaji guru kecil, guru masih bisa mencari tambahan untuk menutupi kekurangan gaji tersebut, bisa dengan memberi les tambahan belajar, mengajar di sekolah lain atau bimbingan belajar, usaha.

Dan kerja apa saja yang penting halal dan tidak mengurangi kewibawaan dan martabat sebagai seorang guru terhormat.

Selain solusi yang sebutkan penulis di atas, kita langsung saja minta tambahan rejeki kepada yang memberi rejeki, yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa. Asmaul Husna Ar Razzaq artinya Allah Maha Pemberi Rezeki kepada seluruh makhluk-Nya.

Baca Juga :  PUASA TAPI KOK TETAP NYONTEK SAAT UJIAN

Silahkan pembaca yang budiman dibaca dengan penuh keimanan terjemahan dari Al Qur’an Surat Hud ayat 6, Allah SWT berfirman:

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kita yang nyata (Lauh mahfuzh).”

Nah ayo dari sekarang jemput rejeki dari Allah dengan lebih mendekati kepadaNya dengan  meningkatkan mutu ibadah kita dan melakukan amal soleh serta melakukan kebaikan sekecil apapun.

Sejatinya yang memberi rejeki itu bukan bos kita, tapi yang memberi rejeki itu Allah SWT, bos kita hanya perantara saja. Jayalah Indonesiaku. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================