Deretan Peringatan Penting pada Bulan Mei, Jarang Diketahui!

Mei
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID –7 Mei 2024 jatuh pada hari Selasa. Hari ini diperingati sebagai Hari Asma Sedunia, yang merupakan peringatan global untuk meningkatkan kesadaran tentang gangguan pernapasan yang menyebabkan kesulitan bernapas karena peradangan dan penyempitan saluran napas.

Meskipun asma dianggap bukan penyakit serius, namun statistik dari WHO menunjukkan bahwa ada 262 juta penderita asma pada tahun 2019, dengan lebih dari 460.000 kematian yang terjadi akibatnya.

Faktor lingkungan dapat menjadi pemicu asma, seperti yang disadari oleh Hippocrates dan Pliny the Elder pada zaman dahulu.

Advertisement
Baca Juga :  Kisah Ronald Regen Penyandang Difabel yang Berhasil Ciptakan Kaki Palsu

Peringatan Hari Asma Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan asma bahkan ketika gejalanya ringan.

Selain itu, tanggal 7 Mei juga diperingati sebagai Hari Perjanjian Roem Royen. Perjanjian ini ditandatangani antara Indonesia dan Belanda di Hotel Des Indes, Jakarta pada tanggal 7 Mei 1949.

Persetujuan Roem-Royen menetapkan bahwa Indonesia akan menghentikan perang gerilya, berpartisipasi dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag, dan Belanda akan mengembalikan pemerintahan Indonesia ke Yogyakarta serta menghentikan gerakan militer dan membebaskan tahanan politik.

Baca Juga :  Mengulas Sejarah Hari Braille Sedunia yang Diperingati 4 Januari

Di Amerika Serikat, tanggal 7 Mei juga diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hari ini dimulai pada tahun 1980 setelah upaya dari Eleanor Roosevelt dan organisasi seperti Asosiasi Pendidikan Nasional (NEA), Dewan Pendidikan Negara Bagian Kansas, dan Negara Bagian Indiana untuk memberi penghargaan kepada guru atas kontribusinya dalam pendidikan.

Awalnya diperingati pada 7 Maret, Hari Guru Nasional kemudian dipindahkan ke bulan Mei.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================