Seleksi Dewan Pengawas Perumda PPJ Kota Bogor Memasuki Tahap Akhir

Seleksi Dewan Pengawas
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Dewas Perumda PPJ Kota Bogor, Hanafi. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID – Seleksi Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor telah memasuki tahap akhir. Hasilnya, diumumkan lima besar calon dari unsur eksternal, yang berasal dari total sembilan orang pendaftar. Sementara, dari unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, terdapat dua nama yang masuk seleksi.

Dari Pemkot Bogor, dua nama yang terdaftar adalah Agustian Syah dan Firdaus. Sedangkan dari unsur eksternal, beberapa nama yang ikut bersaing adalah mantan Direktur Utama Perumda PPJ Andri Latif Asikin Mansjoer, mantan Direktur Operasional (Dirops) Perumda PPJ Denny Ari Wibowo, serta beberapa nama lain seperti Bustomi, Irvan Djanuar, Rd. I. Mulyana Jaya Sumpena, Roy Prawira Jayanagara, mantan Ketua KNPI Kota Bogor Sapta Bela Alfaraby, Syafrial Firdaus, dan mantan anggota DPRD Kota Bogor Yus Ruswandi.

“Seleksi ini adalah yang ketiga. Pertama, pada 15 Oktober dilakukan penulisan makalah, diikuti dengan psikotes pada 16 Oktober, dan terakhir uji kelayakan serta kepatutan (UKK) pada 23 Oktober kemarin,” ujar Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Dewas Perumda PPJ Kota Bogor, Hanafi, Kamis (24/10/2024).

Advertisement
Baca Juga :  Sambut Tahun Baru Islam dengan Santuni Anak Yatim

Dalam proses UKK, tim penelis dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah Dwikorawati, didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur IPB University Dr. Alim Setiawan Slamet, serta Heru Susetyo dari Universitas Indonesia (UI).

“Jumlah peserta dari unsur eksternal ada sembilan orang, sementara dua orang berasal dari Pemkot Bogor. Proses UKK berjalan sesuai jadwal. Hasil seleksi lima besar untuk eksternal akan segera diumumkan setelah disampaikan kepada wali kota, yang kemudian akan melakukan wawancara,” tambah Hanafi.

Lebih lanjut, Hanafi menyebutkan bahwa wawancara akhir untuk tiga besar kandidat dijadwalkan pada 28 Oktober 2024. Wali kota kemungkinan akan mewawancarai seluruh kandidat, sesuai dengan praktik sebelumnya.

Keputusan akhir nantinya berada di tangan wali kota, dengan penandatanganan kontrak Dewas baru yang dijadwalkan pada 30 Oktober 2024, bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Dewas sebelumnya.

Baca Juga :  Mendag Zulkifli Hasan Kunjungi Pembangunan Pasar Tanah Baru Kota Bogor

Sementara itu, Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari, ketika dikonfirmasi, menyatakan bahwa seleksi Dewas Perumda PPJ berlangsung sesuai prosedur dan merit sistem yang berlaku.

“Kami ingin memastikan bahwa kandidat yang terpilih adalah yang terbaik dan memiliki niat untuk membawa kemajuan bagi Kota Bogor melalui Perumda PPJ,” ujar Hery.

Hery juga menegaskan bahwa Dewan Pengawas yang terpilih nanti diharapkan dapat berperan aktif dalam mengawasi kinerja direksi, tidak hanya berpangku tangan. Mereka harus terlibat aktif dalam rapat koordinasi, sesuai dengan jadwal, laporan, serta pengawasan yang efektif.

Terkait perpanjangan jabatan Ketua Dewas, Hery mengungkapkan bahwa keputusan diambil berdasarkan laporan kinerja yang dinilai baik oleh bagian ekonomi, sehingga ketua layak dipertahankan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================