Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Jaro Ade Paparkan Strategi Pembangunan Pariwisata di Pamijahan

Pamijahan
Calon Wakil Bupati Bogor, Ade Ruhandi (Jaro Ade) berdialog dengan ratusan warga Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Bara, Senin (14/10/2024). Foto :Ist.

TIMETODAY.ID – Bogor dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik, dengan ribuan pengunjung dari luar daerah yang memadati objek wisata setiap akhir pekan. Salah satu kawasan yang ramai dikunjungi adalah Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jaro Ade, dalam dialognya dengan ratusan warga Desa Gunung Picung pada Senin (14/10/2024), mengungkapkan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang signifikan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor.

Ia menekankan bahwa visi dan misi pasangan calon bupati dan wakil bupati Bogor nomor urut 1, Rudy Susmanto dan Jaro Ade, mencakup peningkatan sektor pariwisata.

Advertisement

Terdapat tiga fokus utama yang disampaikan Jaro Ade untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pariwisata, pertama, perbaikan infrastruktur jalan, kedua, pelatihan pengelolaan destinasi wisata, dan ketiga, pengembangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga :  Kota Bogor Sabet Anugerah Piala Adipura Kedua Kalinya

“Apabila ketiga aspek ini terpenuhi, maka tidak hanya sektor pariwisata yang akan berkembang, tetapi perekonomian masyarakat juga akan meningkat. Hal ini juga akan membantu mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Jaro Ade juga menekankan pentingnya pelatihan bagi pengelola wisata agar dapat memberikan layanan yang lebih ramah dan profesional kepada pengunjung.

Ia berpendapat bahwa kenyamanan wisatawan sangat penting untuk meningkatkan kunjungan dan pendapatan daerah, terutama dengan dukungan fasilitas yang memadai untuk UMKM.

Akses terhadap permodalan juga menjadi perhatian utama Jaro Ade. Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor akan memfasilitasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk berperan dalam pengembangan pariwisata dan UMKM.

“Kami akan menilai potensi permodalan dari BUMDes atau BUMD yang berpartisipasi, karena pemerintah sudah menyiapkan wadah untuk itu,” tambahnya.

Baca Juga :  Siap Wujudkan Pemerintah Bersih, Koalisi Partai Non Parlement Deklarasi Dukung Jaro Ade

Jaro Ade berkomitmen untuk membahas setiap permasalahan dan aspirasi masyarakat, terutama yang datang dari kalangan bawah, di tingkat kabupaten, baik dengan eksekutif maupun legislatif, agar setiap isu dapat ditangani dengan baik.

Dalam dialog tersebut, beberapa warga juga mengekspresikan kekhawatiran tentang keseriusan Rudy Susmanto dan Jaro Ade dalam merealisasikan program-program mereka jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Bogor, khususnya mengenai pendidikan dan pengangguran yang selalu menjadi masalah di masyarakat.

“Kami, masyarakat kecil, sangat mengharapkan perhatian, karena masih banyak pengangguran. Sebagai orang tua, kami kesulitan untuk membiayai pendidikan anak-anak kami, dan dampaknya adalah banyak anak yang putus sekolah,” ungkap salah seorang warga. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================