Timnas Indonesia Siap Hadapi China dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Berikut Susunan Pemainnya

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (AFC/AFC)

TIMETODAY.IDTimnas Indonesia akan melakoni pertandingan keempat di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia grup C putaran ketiga melawan China di Stadion Qingdao Youth Football, Selasa (15/10/2024), mulai pukul 19.00 WIB.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 659 kilometer dari Beijing, pasukan Shin Tae-yong telah tiba di kota tersebut dan menjalani latihan untuk mempersiapkan pertandingan. Pada laga sebelumnya di kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Bahrain.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain di Riffa tersebut, Bahrain terlebih dahulu unggul lewat gol Mohamed Marhoon di menit ke-15.

Advertisement

Namun, Indonesia berhasil menyalahkan keadaan melalui gol Ragnar Oratmangoen sebelum babak pertama berakhir dan tambahan gol dari Rafael Struick pada menit ke-74.

Sayangnya, Bahrain berhasil menyamakan skor melalui gol kedua Marhoon di menit ke-90+9, yang menjadi bahan terjadinya karena dicetak meski waktu tambahan yang ditetapkan hanya enam menit, sehingga memicu reaksi keras dari pendukung Timnas Indonesia terhadap wasit Ahmed Al Kaf dari Oman.

Sementara itu, China mengalami kekalahan 1-3 dari Australia dalam pertandingan terakhir mereka. China sempat memimpin berkat gol Xie Wenneng di menit ke-20, namun Australia berhasil menyamakan kedudukan menjelang akhir babak pertama melalui Lewis Miller dan kemudian mencetak dua gol lagi melalui Craig Goodwin dan Nishan Velupillay.

Baca Juga :  Akun Instagram Wasit Nasrullo Kabirov Diserang Netizen Indonesia

Hasil melawan imbang Bahrain membuat Indonesia berada di posisi kelima dengan tiga poin, sementara Bahrain di urutan keempat dengan empat poin. J

epang memimpin klasemen dengan sembilan poin, diikuti Arab Saudi dan Australia dengan empat poin masing-masing, sedangkan China masih tanpa poin di posisi terbawah.

Setelah tiba di China, Timnas Indonesia langsung mengadakan sesi latihan di Stadion Qingdao Tiantai pada Sabtu (12/10/2024).

Dalam latihan tersebut, para pemain menunjukkan semangat dan fokus. Shin Tae-yong membagi sesi latihan menjadi dua kelompok, satu untuk pemain yang tampil melawan Bahrain dan satu lagi untuk yang tidak bermain, dengan fokus di gym untuk yang kelelahan.

Terkait kondisi pemain, Shin mengungkapkan tidak ada masalah berarti, hanya Jordi Amat dan Sandy Walsh yang mengalami cedera ringan namun diperkirakan akan segera pulih.

Shin Tae-yong juga menyatakan sudah memiliki gambaran susunan pemain yang akan diturunkan melawan Tiongkok, dengan Rafael Struick di lini depan didukung oleh Malik Risaldi dan Ragnar Oratmangoen, serta gelandang Eliano Reijnders, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Calvin Verdonk.

Baca Juga :  Jadwal Piala Asia U-23 2024: Indonesia vs Australia

Di lini belakang, kemungkinan akan diisi oleh Mees Hilgers, Jay Idzes, dan Rizky Ridho, dengan Rizky tampil lebih baik dalam laga sebelumnya dibandingkan Jordi Amat.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap para pemain dapat tetap fokus menjelang pertandingan melawan China.

Sebelumnya, Erick memberikan penghargaan kepada Jay Idzes dan rekan-rekannya atas usaha mereka saat melawan Bahrain, meski hasilnya imbang.

Dia meminta semua pihak yang terlibat di Timnas Indonesia, termasuk pemain dan ofisial, untuk berkonsentrasi menghadapi Tiongkok dan berupaya meraih poin dari lawan di kandang mereka. Erick juga mendorong para pendukungnya untuk terus memberikan dukungan moral.

Prediksi Susunan Pemain:

Tiongkok (4-4-2): Dalei Wang; Hetao Hu, Tyias Browning, Shenglong Jiang, Lei Li; Wenneng Xie, Shangyuan Wang, Yuanyi Li, Shihao Wei; Fernandinho, Yuning Zhang.

Pelatih: Branko Ivankovic.

Indonesia (3-4-2-1): Maarten Paes; Bertemu Hilgers, Jay Idzes, Rizki Ridho; Eliano Reijnders, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Calvin Verdonk; Malik Risaldi, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================