Puting Beliung Terjang Kota Bogor, Tiang Listrik Ambruk dan 8 Rumah Rusak

Puting Beliung
Hujan deras disertai angin puting beliung menghantam Kampung Jalan Baru RT 03 RW 06, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/10/2024) sekitar pukul 14.30 WIB. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID –  Hujan deras disertai angin puting beliung menghantam Kampung Jalan Baru RT 03 RW 06, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/10/2024) sekitar pukul 14.30 WIB.

Dalam kejadian ini,  sejumlah rumah warga rusak, puting beliung juga mengakibatkan pohon dan tiang listrik roboh hingga menimpa dua rumah warga.

“Awalnya hujan biasa, tapi tiba-tiba angin datang sangat kencang, membawa kabut putih tebal. Kemudian, saya mendengar suara pohon tumbang yang menghantam tiang listrik hingga tiang tersebut jatuh ke rumah warga,” jelas Suhendar, warga setempat.

Advertisement
Baca Juga : 

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Hidayatullah, mengatakan bencana ini tak hanya berdampak pada Kelurahan Kencana, tetapi juga beberapa wilayah di Kecamatan Tanah Sareal, seperti Kelurahan Mekarwangi, dan beberapa titik di Bogor Barat, seperti Situgede dan Balungbangjaya.

Hidayatullah menjelaskan bahwa ada enam titik yang memerlukan penanganan segera, terutama terkait pohon tumbang yang menimpa tiang listrik.

“Kami bekerja sama dengan PLN untuk menangani pohon yang menimpa tiang listrik. Saat ini, kami masih dalam proses pemulihan aliran listrik di wilayah terdampak,” jelasnya.

Baca Juga :  Komunitas Batak Pos Ma Roham Deklarasi Dukung Paslon Rena-Teddy untuk Wali Kota Bogor

Sejauh ini, BPBD menyatakan belum ada laporan korban jiwa. Namun, tercatat delapan rumah mengalami kerusakan, khususnya pada bagian atap.

Tim gabungan dari BPBD dan dinas terkait masih berada di lokasi untuk melakukan asesmen dan penanganan lebih lanjut.

“Kami terus melakukan penelusuran, dan dampaknya bisa bertambah. Kami juga mengimbau warga untuk tetap waspada serta segera melaporkan jika ada kerusakan tambahan akibat cuaca ekstrem ini,” tuntasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================