Profil Singkat Marissa Haque Aktris Era 80an yang Meninggal Hari Ini

Marissa Haque
Marissa Haque.

TIMETODAY.ID – Aktris sekaligus politisi, Marissa Haque, meninggal dunia pada hari ini, Rabu, 2 Oktober, pukul 02.00 dini hari. Kabar duka ini pertama kali disampaikan oleh putrinya, Chiki Fawzi, melalui akun Instagram pribadinya.

Marissa Haque dikenal sebagai salah satu aktris ternama dan berprestasi di era 80-an. Istri musisi Ikang Fawzi ini membintangi puluhan film layar lebar pada masa kejayaannya.

Setelah berhenti dari dunia perfilman, Marissa memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan kembali menjadi sorotan publik. Di era media sosial, namanya sering menjadi perbincangan netizen.

Advertisement

Lahir di Balikpapan pada 15 Oktober 1962, Marissa adalah putri dari pasangan Allen Haque dan Nike Suharyah. Sang ayah berdarah Belanda-Prancis, sementara ibunya berasal dari Sumenep, Madura, Jawa Timur. Marissa juga merupakan kakak dari dua aktris lainnya, Soraya Haque dan Shahnaz Haque.

Baca Juga :  Rekam Jejak dan Profil Singkat Chandrika Chika, Selebgram yang Ditangkap Gegara Narkoba

Karier Marissa di dunia hiburan dimulai ketika ia bergabung dengan sanggar “Swara Mahardika” milik Guruh Soekarnoputra untuk belajar menyanyi dan menari.

Pada usia 18 tahun, ia mendapat kesempatan bermain dalam film “Kembang Semusim” yang disutradarai oleh M.T. Risyaf.

Setelah debutnya, Marissa terus berkiprah di dunia film. Salah satu peran yang membawa penghargaan baginya adalah dalam film “Tinggal Landas Buat Kekasih” pada 1984, di mana ia berhasil meraih Piala Citra sebagai Aktris Pembantu Terbaik.

Film ini juga menjadi momen pertemuannya dengan Ikang Fawzi, yang kemudian ia nikahi pada 3 Juli 1986. Mereka dikaruniai dua putri, Isabella Muliawati Fawzi dan Marsha Chikita Fawzi.

Selain karier di dunia hiburan, Marissa juga sangat memperhatikan pendidikan. Setelah menamatkan pendidikan dasar dan menengah, ia melanjutkan studi di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, mengambil jurusan Hukum Perdata.

Baca Juga :  Aksi Heroik Jon Bon Jovi Gagalkan Aksi Bunuh Diri di Jembatan John Seigenthaler

Kemudian, ia menyelesaikan Magister Bahasa Anak Tuna Rungu di Universitas Katolik Atma Jaya dan Magister Administrasi di Universitas Gadjah Mada.

Tak berhenti sampai di situ, Marissa juga meraih gelar doktor dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Dengan bekal popularitas dan pendidikannya yang tinggi, Marissa memutuskan terjun ke dunia politik. Pada Pemilu 2004, ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR dari PDI Perjuangan dan berhasil lolos sebagai wakil dari Dapil Bandung untuk periode 2004-2009. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================