Kisah Mencekam di Balik Kebakaran 4 Rumah Kontrakan di Bogor

kontrakan
Kondisi terkini usai empat kontrakan di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terbakar, Rabu (25/9/2024), sekitar pukul 10.00 WIB. Foto : Rifki Ramadhan.

TIMETODAY.ID – Rabu pagi (25/9/2024) menjadi hari yang tak akan dilupakan oleh warga sekitaran kontrakan di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sekitar pukul 10.00 WIB, suasana saat itu mendadak berubah menjadi kepanikan kala kobaran api melalap empat rumah kontrakan di kawasan itu.

Di antara saksi mata yang menyaksikan peristiwa tersebut, Arfandadi (44) mengingat jelas detik-detik mencekam yang terjadi begitu cepat.

Pagi itu, Arfandadi tengah beraktivitas seperti biasa di sekitar area kontrakan. Suasana tiba-tiba berubah ketika sebuah ledakan terdengar keras dari salah satu rumah kontrakan.

Advertisement

Ledakan itu menjadi titik awal kebakaran yang kemudian menyebar dengan cepat ke kontrakan di sebelahnya.

Baca Juga :  Sejarah dan Tema Hari Air Sedunia yang Diperingati 22 Maret

“Saya mendengar ledakan dari dapur. Setelah itu, api langsung membesar dan menjalar ke kanan dan kiri,” kenangnya.

Sejak ledakan tersebut, api semakin liar. Masyarakat yang berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, seperti ember dan air, tampak kewalahan.

“Waktu saya keluar rumah, apinya belum terlalu besar. Tapi, begitu saya kembali dengan alat pemadam, api sudah mengganas,” tutur Arfandadi.

Arfandadi menduga bahwa kebakaran tersebut dipicu oleh ledakan dari tabung gas yang digunakan penghuni salah satu kontrakan.

“Sepertinya, tabung gas yang meledak. Mungkin ada kebocoran yang tidak diketahui,” tambahnya sambil menerka-nerka penyebab pastinya.

Beruntung, tim pemadam kebakaran tiba tepat waktu. Dalam waktu 15 menit setelah kejadian, mobil damkar sudah berada di lokasi.

Baca Juga :  Gunungan Tempe, Tradisi Unik Warga Sidoarjo Sambut Ramadan

Mereka segera bekerja keras melawan api yang terus menyebar. Jika mereka terlambat sedikit saja, api kemungkinan besar sudah melahap lebih banyak rumah kontrakan di sekitar.

“Untung saja mereka (damkar) cepat datang, kalau tidak, api bisa menyebar lebih luas lagi,” kata Arfandadi.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, suasana mencekam dan kerugian materi yang ditinggalkan menjadi pengingat bagi warga sekitar untuk selalu waspada. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================