Fenomena Parade Planet di Langit, 6 Planet Akan Terlihat Hari Ini

parade planet
Fenomena planet sejajar (Dok: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

TIMETODAY.IDFenomena langit yang dikenal sebagai parade planet terjadi hari ini, Rabu, 28 Agustus 2024. Parade ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa planet dengan mata telanjang, meskipun sebagian dari mereka akan membutuhkan bantuan teleskop atau teropong.

Parade planet adalah peristiwa astronomi yang menggambarkan beberapa planet berada dalam satu garis di satu sisi Matahari. Ketika hal ini terjadi, planet-planet tersebut tampak sejajar di langit malam.

Hari ini, kita bisa mengamati Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus hanya dengan mata telanjang. Namun, Merkurius akan berada sangat dekat dengan cakrawala sehingga sulit untuk diamati. Untuk melihat Neptunus dan Uranus, penggunaan teleskop atau teropong khusus sangat diperlukan.

Advertisement

6 Planet yang Akan Tampak dalam Parade Hari Ini

Pada pagi hari tanggal 28 Agustus, enam planet, Merkurius, Mars, Jupiter, Uranus, Neptunus, dan Saturnus akan tampak sejajar di langit. Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus dapat dilihat tanpa alat bantu, meski Merkurius akan sulit dikenali karena posisinya yang dekat dengan cakrawala.

Baca Juga :  Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Saat Sahur, Lengkap dengan Bahasa Arab dan Latin

Untuk mengamati Neptunus dan Uranus, dibutuhkan teleskop atau teropong bertenaga tinggi. Saturnus, yang berwarna kekuningan dengan magnitudo 0,6, akan terlihat di konstelasi Aquarius dari malam hingga dini hari, sementara Neptunus (magnitudo 7,8) akan berada di konstelasi Pisces dan memerlukan teropong untuk dilihat.

Ketika pagi datang dan planet-planet lainnya mulai naik, Saturnus dan Neptunus akan bergerak turun mendekati cakrawala barat. Uranus (magnitudo 5,7) akan muncul pada malam hari di konstelasi Taurus, namun tetap membutuhkan teropong untuk pengamatan. Kemudian, Jupiter (magnitudo -2,3) dan Mars (magnitudo 0,8) akan tampak di rasi Taurus dengan bulan sabit yang pudar bersinar di dekatnya.

Di saat fajar, Merkurius (magnitudo 1,7) akan muncul di konstelasi Leo. Planet ini bisa terlihat dengan mata telanjang, namun waktu untuk mengamatinya cukup singkat karena Matahari akan segera terbit di sebelahnya.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Senin 11 Maret 2024

Parade Planet di Selanjutnya

Fenomena parade planet ini bukan yang terakhir. Akan ada beberapa parade planet lainnya dengan jumlah planet yang berbeda. Menurut data dari Starwalk Space, parade planet selanjutnya yang melibatkan 5 hingga 7 planet akan terjadi pada:

  • 18 Januari 2025: Parade planet di malam hari termasuk Mars, Jupiter, Uranus, Neptunus, Saturnus, dan Venus.
  • 28 Februari 2025: Parade planet penuh malam hari termasuk Saturnus, Merkurius, Neptunus, Venus, Uranus, Jupiter, dan Mars. Ini akan menjadi momen berikutnya ketika 7 planet terlihat di langit secara bersamaan.
  • 29 Agustus 2025: Parade planet di pagi hari yang meliputi Merkurius, Venus, Jupiter, Uranus, Neptunus, dan Saturnus. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================