Coretan Vandalisme Rusak Monumen Kapten Muslihat, Polresta Bogor Buru Pelaku

Kapten Muslihat
Kondisi fondasi Patung Kapten Muslihat jadi sasaran aksi vandalisme. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID – Patung Kapten Muslihat di Kota Bogor telah menjadi sasaran vandalisme, dan saat ini Polresta Bogor Kota tengah menyelidiki pelaku di balik tindakan tersebut.

“Kami sedang menyelidiki pelaku dan mencari saksi. Penyelidikan kami juga mencakup pemantauan CCTV,” ujar Kapolsek Bogor Tengah, Kompol Agustinus Manurung, Selasa (20/8/2024).

Selain itu, polisi berencana meningkatkan patroli di area rawan vandalisme serta secara rutin memberikan sosialisasi kepada pelajar dan komunitas-komunitas di Kota Bogor untuk mencegah kejadian serupa. Mereka juga akan bekerjasama dengan Pemkot Bogor.

Advertisement
Baca Juga :  Tungku Pabrik ITSS Meledak, 12 Pekerja Meninggal

“Kami akan rutin melakukan patroli dan memberikan imbauan kepada anak-anak yang sering berkumpul, komunitas, serta pelajar di sekolah-sekolah. Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemkot untuk upaya pencegahan,” tambah Agustinus.

Sebelumnya, tembok fondasi Patung Kapten Muslihat yang terletak di pertigaan Jembatan Merah, Kota Bogor, menjadi sasaran vandalisme.

Coretan-coretan tidak bertanggung jawab telah menodai permukaan tembok yang sebelumnya bersih, merusak estetika dan kesakralan monumen yang didirikan untuk menghormati perjuangan Kapten Muslihat, seorang pahlawan dari Kota Bogor.

Baca Juga :  Kuningan Diguncang Gempa Susulan, Magnitudo 3,9

Sebagai salah satu landmark bersejarah di Kota Bogor, Patung Kapten Muslihat berdiri kokoh di tengah hiruk-pikuk lalu lintas, menjadi saksi bisu perjalanan panjang bangsa ini.

Namun, aksi vandalisme oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ini telah mencemari nilai kehormatan monumen tersebut, meninggalkan bekas-bekas cat yang merusak keindahan dan nilai sejarahnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================