Google Doodle Tampilkan Keunikan Budaya Indonesia di Peringatan HUT RI ke-79

Google Doodle
Google Doodle meramaikan 17 Agustusan. (Foto: Dok. Google)

TIMETODAY.ID – Google Doodle turut meriahkan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia dengan menampilkan karnaval yang menonjolkan topeng tradisional dan pakaian adat yang memiliki makna tersendiri. Doodle merupakan gambar atau ilustrasi unik yang ditampilkan di halaman utama Google Search.

Pada hari Sabtu (17/8/2024), pengguna Google Search dapat melihat gambar burung garuda yang memimpin iring-iringan orang-orang dengan pakaian tradisional.

“Doodle ini dibuat untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79!” demikian tertulis di situs Doodle.

Advertisement

“Merdeka! Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia!”

Karya seni ini menggambarkan keragaman budaya dari berbagai pulau di Indonesia yang bersatu dalam harmoni, melambangkan kekuatan kolektif bangsa dan persatuan dalam keberagaman.

Baca Juga :  Kids Activities, Liburan Seru Idul Fitri di Bigland Bogor Hotel

“Doodle ini mengambil inspirasi dari kekayaan budaya Indonesia yang mencakup berbagai elemen dari seluruh nusantara, seperti pola batik yang rumit, gerakan tari tradisional yang anggun, dan suasana parade; serta semangat inovasi yang membawa bangsa ini maju,” jelas Google.

Perusahaan juga menjelaskan bahwa warna-warna cerah dan detail dalam Doodle ini mencerminkan perjalanan Indonesia dari akar sejarahnya hingga aspirasi modern, yang mencerminkan semangat kemerdekaan dan tekad yang kuat untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Baca Juga :  Rekomendasi Film Baru yang Akan Tayang di Bioskop Bulan September 2024

Ilustrasi Doodle ini dibuat oleh seniman asal Bali, Monez, yang merupakan lulusan Sarjana dan Magister Seni dari Institut Seni Indonesia (ISI) Bali.

“Doodle ini menghormati kekayaan warisan budaya bangsa serta visi untuk masa depan yang cerah dengan tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’,” demikian pernyataan dari Google.

“Monez berhasil menangkap esensi dari era baru bagi Indonesia, dengan menyoroti perjalanan bangsa yang terus berlanjut menuju persatuan, kemajuan, dan pembangunan.”***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================