Merajut Asa Lewat Oven Gas di Kampung Kaleng Bogor

oven gas
Faris (29), saat melakoni pekerjaannya sebagai pengrajin oven gas di Kampung Kaleng, Desa Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

TIMETODAY.ID – Di tengah kesibukan dan dinamika kehidupan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat profesi pengrajin oven gas mungkin terdengar asing, terutama di kalangan pemuda.

Namun, bagi Faris (29), pemuda asal Kampung Kaleng, Desa Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup, profesi ini justru menjadi sumber keberhasilan yang membanggakan.

Faris, yang telah menekuni profesi sebagai pengrajin oven gas sejak tujuh tahun lalu, langsung setelah lulus SMA, kini mampu meraup omzet hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Advertisement

“Saya mulai bekerja sebagai pengrajin oven gas ini dari pagi hingga sore, bahkan jika pesanan sedang banyak, saya lanjutkan hingga tengah malam,” ujar Faris.

Baca Juga :  Menelusuri Sejarah dan Keunikan Kampung Kaleng Bogor

Untuk setiap produk oven gas yang dihasilkan, Faris memerlukan waktu sekitar satu hari untuk ukuran kecil, yaitu 60 x 40 cm, sedangkan untuk ukuran besar memakan waktu hingga dua hari.

“Dalam sebulan, saya bisa membuat maksimal 20 unit oven, dan sering kali produk saya dikirim ke luar kota, bahkan sampai ke Palembang,” jelasnya.

Berkat ketekunan dan kualitas produknya, Faris kini bisa mengantongi omzet sebesar Rp 50 juta per bulan.

“Alhamdulillah, banyak yang percaya dengan produk kami. Dalam sebulan, bisa mencapai angka Rp 50 juta,” tuturnya.

Baca Juga :  Kemeriahan Kirab Karnaval Budaya Dongdang Meriahkan Maulid Nabi

Harga oven gas buatan Faris berkisar antara Rp 950 ribu untuk ukuran kecil dan Rp 1,9 juta untuk ukuran besar. Meskipun pekerjaan ini mungkin tampak sederhana bagi sebagian orang, Faris tetap yakin bahwa profesi apapun yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan halal akan selalu membawa berkah.

Faris berpesan kepada generasi muda untuk tidak pernah malu dengan profesi yang mereka jalani. “Apapun profesinya, asal halal, Insya Allah Tuhan pasti kasih jalan,” pungkasnya penuh keyakinan.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================