Partai Politik di Kota Bogor Mulai Konsultasi dengan KPU Jelang Pendaftaran

partai politik
Muhammad Habibi Zaenal Arifin, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor. Foto : Dokumntasi timetoday.id

TIMETODAY.ID – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, suasana politik di Kota Bogor semakin memanas. Sejumlah partai politik telah mulai bergerak untuk mempersiapkan calon-calon mereka.

Muhammad Habibi Zaenal Arifin, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, mengungkapkan bahwa konsultasi antara partai politik dan KPU telah dilakukan menjelang pendaftaran yang dijadwalkan pada 27 Agustus 2024.

“Hingga hari ini, beberapa partai politik sudah melakukan konsultasi menjelang pendaftaran calon,” kata Habibi dalam acara rapat kerja divisi teknis yang digelar di Hotel Salak, Sabtu (10/8/2024).

Advertisement

Sementara untuk pendaftaran calon kepala daerah sendiri akan dibuka dari 27 hingga 29 Agustus 2024, dengan waktu pendaftaran yang sangat fleksibel pada hari terakhir.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, KPU Kota Bogor Lantik 30 PPK

“Pada hari terakhir pendaftaran, KPU Kota Bogor akan memberikan kesempatan bagi calon untuk mendaftar hingga tengah malam, tepatnya pukul 23:59 WIB,” tambah Habibi.

Pengumuman calon yang terdaftar akan dilakukan dari 24 hingga 26 Agustus 2024. Bagi calon yang akan diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik, harus memenuhi syarat minimal 20 persen dari total kursi di DPRD Kota Bogor, yaitu sekurangnya 10 kursi dari 50 kursi yang tersedia.

Dalam rangka mempersiapkan proses ini, KPU Kota Bogor juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor, khususnya Dinas Kesehatan, untuk mengatur pemeriksaan kesehatan calon.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Kolaborasi dengan TP-PKK Kabupaten Bogor Ajak Warga Kreatif Ciptakan Menu Sehat

“Para calon yang telah terdaftar akan menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang direkomendasikan dan ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor,” bebernya.

Dengan berbagai tahapan dan persiapan yang sudah dirancang, Pilkada 2024 di Kota Bogor tampaknya akan menjadi momen yang menarik dan penuh dinamika.

Partai politik dan calon kepala daerah kini tengah mempersiapkan diri untuk berkompetisi, sementara masyarakat berharap untuk sebuah pemilihan yang lancar dan demokratis. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================