Mengenang Para Pahlawan di Hari Pramuka ke-63

Pahlawan
Peringati Hari Pramuka ke-63 tahun 2024, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor kembali melakukan ziarah kubur ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded di Kecamatan Bogor Selatan, Sabtu (10/8/2024).

TIMETODAY.ID – Sabtu (10/8/2024), suasana Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded di Kecamatan Bogor Selatan, Jawa Barat terasa lebih khidmat dari biasanya.

Deretan seragam Pramuka yang dipakai oleh anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor terlihat rapi.

Mereka hadir bukan hanya untuk berziarah, tetapi juga untuk merenungi makna di balik peringatan Hari Pramuka ke-63 dan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Advertisement

Dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Dedie Rachim, bersama Ketua Harian yang juga Sekretaris Daerah, Syarifah Sofiah, ziarah ini menjadi salah satu tradisi yang tak pernah terlewatkan.

Dengan penuh penghormatan, mereka mengunjungi makam para pahlawan, di antaranya Mayor Oking, Kapten Muslihat, dan Letkol Inf. Soemarya. Makam-makam ini menjadi saksi bisu dari perjuangan panjang para pendahulu yang berkorban demi tanah air.

Baca Juga :  Peluang Besar Pasangan Jaro Ade - Anang Hermansyah di Pilkada Kabupaten Bogor 2024

Bagi Syarifah Sofiah, ziarah ini bukan sekadar tradisi tahunan. Ia merupakan momen penting untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan tokoh gerakan Pramuka.

“Ziarah ini rutin kita laksanakan dalam memperingati Hari Lahir Pramuka dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Di sini kita mengenang para pendahulu-pendahulu kita, pejuang bangsa, dan para tokoh pramuka,” ujar Syarifah.

Dalam keheningan TMP Dreded, ada harapan yang terselip di setiap doa yang dipanjatkan. Syarifah berharap agar semangat juang yang dimiliki oleh para pahlawan dan tokoh Pramuka bisa menjadi inspirasi bagi para anggota Pramuka dan pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor.

Mereka diharapkan tidak hanya mengenang, tetapi juga meneladani semangat untuk terus berkarya dan memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara.

Baca Juga :  PKRS RSUD Leuwiliang Beri Edukasi Kepada Pengunjung dan Anak – anak Tentang Pentingnya Buah

“Semoga semangat yang dimiliki para pahlawan dan tokoh gerakan Pramuka Kota Bogor dapat menjadi motivasi bagi para anggota Pramuka maupun pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor untuk terus berbuat lebih baik lagi sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma,” tutup Syarifah.

Peringatan Hari Pramuka ke-63 ini tak hanya sebagai penghormatan kepada para pahlawan, tetapi juga sebagai awal dari rangkaian kegiatan yang akan terus berlanjut, menyiapkan generasi muda Indonesia yang lebih tangguh dan siap menyongsong masa depan Indonesia Emas. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================