Innalilahi, Mantan Wapres ke 9 Hamzah Haz Tutup Usia

TIMETODAY.ID – Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, Hamzah Haz dikabarkan meninggal dunia pada usia 84 tahun.

Kabar ini telah dikonfirmasi Sekretaris Jenderal (sekjen) PPP, Arwani Thomafi.

“Innalillahiwainnailaihi rojiun. Telah wafat DR KH Hamzah Haz,” ujar Ketua DPP PPP, Syaifullah Tamliha, Rabu (24/7/2024).

Advertisement

Tamliha menjelaskan bahwa Hamzah Haz meninggal dunia di RSPAD, Jakarta Pusat.

Jenazahnya akan dibawa ke rumah duka di Jalan Tegalan, Matraman, JakartaTimur, sebelum disalatkan di masjid yang dibangun oleh almarhum di Jalan Nenas, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga :  Sejumlah Relawan dan Parpol Pengusung Siap Antarkan Dedi-Jenal Menuju KPU Hari Ini

Selanjutnya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Bogor.

Diketahui, Hamzah Haz menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, dari tahun 2001 hingga 2004.

Pria kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940 ini dikenal aktif dalam berorganisasi sejak muda. Ia memulai kariernya sebagai guru pada tahun 1960, lalu beralih menjadi wartawan surat kabar Bebas di Pontianak dan Pimpinan Umum Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat.

Selain menjabat sebagai Wakil Presiden, Hamzah Haz juga pernah menduduki beberapa posisi penting lainnya, termasuk Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie, Wakil Ketua DPR RI, dan Menko Kesra pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Baca Juga :  Kronologi Bos Rental Mobil Dihajar Massa Hingga Tewas

Kehilangan Hamzah Haz merupakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Beliau dikenang sebagai sosok yang berdedikasi tinggi dalam melayani negara dan masyarakat. Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. ***

=========================================================