Aksi Pelajar di Bogor Sambut Pilkada 2024 dengan Perekaman KTP-el Massal

Pilkada
Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, puluhan pelajar Sekolah Kesatuan Bogor melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, puluhan pelajar Sekolah Kesatuan Bogor melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan, menyatakan bahwa untuk menghadapi Pilkada 2024, target perekaman KTP-el bagi pemilih pemula di Kota Bogor adalah sebanyak 12.000 orang berdasarkan data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kemendagri.

Dari jumlah tersebut, saat ini tersisa 8.000 pemilih pemula yang masih dalam proses perekaman melalui berbagai program.

Advertisement

“Kegiatan hari ini adalah sebagai kick-off untuk perekaman pemilih pemula. Setelah ini, kami akan mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah, SMA, pondok pesantren, dan panti asuhan,” ujar Ganjar.

Baca Juga :  50 Anggota DPRD Kota Bogor Terpilih Resmi Dilantik, Berikut Daftar Namanya!

Ketua KPU Kota Bogor, Muhammad Habibi Zaenal Arifin, menyatakan bahwa KPU Kota Bogor telah menyelesaikan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih dengan kesiapan 100 persen.

“Untuk penambahan pemilih, baik pemilih pemula maupun pemilih yang pindah administrasi dari luar Kota Bogor, sudah terdata sekitar 18.000 pemilih dalam DP4,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Habibi, pelajar yang telah berusia 17 tahun dan memiliki KTP-el dapat ikut serta menyalurkan hak suaranya pada Pilkada serentak 27 November 2024.

Baca Juga :  KPU Kota Bogor Tentukan PKPU Pada Februari 2023 Mendatang

Saat ini, jumlah pemilih di Kota Bogor mencapai 818.000 dengan total Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 15.015 TPS ditambah 1 TPS di Lapas Paledang.

“Kami juga terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Pada Pilpres dan Pileg, partisipasi mencapai sekitar 84,17 persen. Harapannya, pada Pilkada kali ini bisa meningkat menjadi 85 persen,” tambahnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================