7 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Tengah yang Paling Hits, Dijamin Bakal Ketagihan

kuliner khas Jawa Tengah
7 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Tengah yang Paling Hits, Dijamin Bakal Ketagihan.

TIMETODAY.ID – Sedang merencanakan kulineran di Jawa Tengah? Beberapa kuliner khas Jawa Tengah ini wajib kamu coba minimal satu kali. Dijamin kamu bakal ketagihan.

Langsung simak saja deretan makanan khas Jawa Tengah yang paling populer dan sangat direkomendasikan!

  1. Mi Ongklok

Kuliner khas dari kota Wonosobo ini terbuat dari mi yang direbus, kemudian ditambahkan dengan kol dan daun kucai. Kuah mi ongklok yang kental berasal dari tambahan tepung kanji. Nama “ongklok” diambil dari cara pembuatannya, yaitu mencelup dan meniriskan mi menggunakan peniris yang terbuat dari anyaman bambu. Kamu bisa menemukan mi ongklok di berbagai tempat, mulai dari gerobak hingga restoran!

Advertisement
  1. Soto Kudus

Sesuai dengan namanya, makanan berkuah ini berasal dari Kota Kudus. Soto Kudus dibuat dari suwiran daging dengan kuah yang dimasak menggunakan berbagai rempah-rempah seperti jintan dan ketumbar. Soto ini cocok dinikmati kapan saja, dari sarapan hingga makan malam.

  1. Nasi Tiwul
Baca Juga :  4 Tempat Wisata Baru di Bogor, Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang Hari Waisak

Nasi tiwul adalah makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari gaplek atau singkong yang dikeringkan, lalu ditambahkan gula merah untuk memberikan rasa manis. Di beberapa kota di Jawa Tengah, nasi tiwul sering dijadikan pengganti nasi dan dikenal lebih rendah kalori.

  1. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah makanan khas dari daerah Pati. Nasi putih ini disajikan di atas daun pisang dengan tambahan potongan daging dan disiram kuah manis dan gurih.

  1. Tempe Mendoan

Tempe mendoan berasal dari daerah Banyumas. Dalam bahasa Banyumas, “mendoan” berarti setengah matang. Tempe ini dilapisi tepung dan digoreng setengah matang, menciptakan tekstur yang lembut dan lezat. Disajikan dengan sambal kecap sebagai cocolan, tempe mendoan sangat nikmat untuk disantap.

  1. Lumpia Semarang
Baca Juga :  Mencicipi Bubur Tokyo, Kuliner Kaki Lima Favorit Warga Bogor

Kuliner khas Semarang ini terbuat dari tepung dengan isian rebung muda, udang, atau ayam. Lumpia Semarang memiliki cita rasa manis atau gurih, tergantung isian yang dipilih. Makanan ini paling nikmat ketika dimakan hangat dan mudah ditemukan di kota Semarang.

  1. Tahu Gimbal

Makanan khas Semarang lainnya adalah tahu gimbal. Tahu gimbal terdiri dari tahu, telur, potongan kol, tauge, gimbal, dan lontong yang disatukan dengan bumbu kacang dan petis udang. Setiap sendoknya menghadirkan cita rasa yang menggugah selera.

Cobalah deretan makanan khas Jawa Tengah ini saat berkunjung, dan nikmati kelezatannya! ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================