Mengenal Makna, Filosofi Logo Hari Jadi Bogor ke 542

Hari Jadi Bogor ke 542
Logo HJB Kota Bogor ke 542.

TIMETODAY.ID –  Pemerintah Kota Bogor resmi mengenalkan logo Hari Jadi Bogor ke 542. Untuk tahun 2024 ini Hari Jadi Bogor (HJB) ke 542 bertemakan “Raharja Gawe Rancage

Melansir laman resmi kotabogor.go.id, Jumat (17/5/2024) tema tersebut gabungan dari bahasa sensakerta dan Sunda.

Raharja artinya sejahtera, Gawe artinya kerja/perbuatan dan Rancage aartinya sebuah proses ataau upaya untuk  menuju yng lebih baik.

Advertisement

Link Download logo Hari Jadi Bogor ke 542 : klik di sini

Jadi, Raharja Gawe Rancage dapat diartikan bahwa kesejahteraan warga dapat dihasilkan dari setiap program pembangunan dan ikhtiar menuju pelayanan yang lebih baik lagi.

Angka 642 yang saling terkait dan terhubung dimaknai sebagai semangat gotong royong, guyub dan kolaborasi dari semua elemen masyarakat.

Baca Juga :  4 Arti Mimpi Melihat Semut Banyak, Diyakini Bawa Pesan Positif

Sementara,  angka tahun aksara sunda, merupakan aksara  sunda yang artinya 1482-2024.  Penentuan tahun 1482 sebagai Hari Jadi Bogor diambil dari peristiwa dinobatkan Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja sebagai Susuhunan Pajajaran.

Ornamen yang tersemat dalam logo ini menggambarkan keberlanjutan pembangunan tanpa menghilangkan karakter Bogor yang hijau dan heritage serta mampu menjadi ikon-ikon baru di Kota Bogor.

Warna hijau secara umum merupakan lambang dari alam, lingkungan,kehidupan dan  kesiuburan dengan banyaknya ketersediaan ruang terbuka hijau di Kota Bogor.  Juga dengan diraihnya Adipura 2 kali berturut turut menggambarkan Kota Bogor yang peduli akan lingkungan.

Warna orange merupakan simbol kehangatan daan perasaan semangat yang berapi api, membangkitkan rasa percaya diri, rasa optimis yang kuat untuk membangun Kota Bogor lebih baik lagi. Warna orange juga memiliki unsur warna yang beraarti keberanian namun penuh ketenangan.

Baca Juga :  Kumpulan Ucapan Hari Jadi Bogor ke 542 yang Inspiratif dan Penuh Harapan

Pada umumnya, warna biru bisa memberikan kesan konservatif, dapat dipercaya dan diandalkan serta memiliki stabilitas kuat, menggambarkan pemerintah dalam mengambil sikap dan memberi kesan percaya pada masyarakat.

Warna biru juga melambangkan ketenangan, yaitu dengan fasilitas dan pembangunan yang disediakan, berharap masyarakat bisa menikmati dengan rasa tenang dan tanggung jawab. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================