Beranda blog

Dukung Era Kendaraan Listrik, PLN Nyalakan 300 Home Charging Mobil Listrik

mobil listrik
Dukung Era Kendaraan Listrik, PLN Nyalakan 300 Home Charging Mobil Listrik.

TIMETODAY.ID – Seiring dengan pengguna mobil listrik di Jakarta yang semakin meningkat, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya nyalakan listrik secara serentak untuk 300 home charging di wilayah Jakarta Raya dengan total daya sebesar 2.800.000 Volt Ampere (VA).

Penyalaan home charging ini dilaksanakan bertahap selama 3 hari sejak 25 hingga 27 Maret 2024 di 16 (enam belas) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang ada di Jakarta Raya.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengunjungi dan menyalakan langsung pelanggan pemilik home charging ke-300 di minggu ini, bernama Artadi Saleh di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan pada Hari Rabu (27/3/2024) sore.

“Tujuan kegiatan ini sebetulnya dilakukan untuk mendorong percepatan transisi energi lewat penyalaan home charging. Melalui kegiatan ini, kami ingin menyampaikan, kalau PLN sangat mendukung masyarakat yang ingin beralih dari mobil berbahan bakar bensin jadi mobil berbahan bakar listrik,” ungkap Lasiran.

Lasiran menambahkan ini merupakan bukti komitmen PLN dalam mendukung era kendaraan listrik dengan menyediaan listrik yang cukup, andal, serta pelayanan yang cepat.

“Permohonan pasang baru listrik untuk home charging juga sangat mudah dan cepat bisa dinikmati lewat satu pintu saja, bahkan ada insentif yang diberikan yaitu diskon pasang baru maupun diskon tarif,” tambah Lasiran.

Artadi Saleh menyampaikan bahwa pemasangan listrik untuk home charging ini sangat cepat, tanpa berbelit, dan sangat mudah.

“Pemasangan home charging sangat cepat, bahkan balap-balapan sama plat nomornya, jadi lebih cepet listriknya. Banyak kemudahan juga (pakai mobil listrik), ganjil genap bisa lewat, terus diskonnya banyak,” jelas Artadi .

Sampai tahun 2024 ini, PLN UID Jakarta Raya telah melakukan pasang baru home charging sebanyak 3.265 pelanggan. PLN juga telah menyediakan promo pasang baru home charging dari harga normal pasang baru 7.700 VA senilai 8,5 juta rupiah, dengan promo jadi hanya 850 ribu rupiah.

Selain itu, PLN juga menyiapkan tarif diskon 30 persen untuk pengguna home charging mulai pukul 10 malam hingga 5 pagi. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

Meriahkan Ramadan, Forum lintas Ormas Buka Bazaar Gebyar Ramadhan 1445 Hijriah di Pakansari

ORMAS
FOTO : IST

TIMETODAY.ID Forum lintas Organisasi Masyarakat (Ormas) Kabupaten Bogor resmi membuka Bazaar gebyar Ramadhan 1445 Hijriah, di pelataran parkiran Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (28/4/2024).

Bazaar tersebut, di gelar mulai pada 28 Maret-14 April 2024 dan di hadiri Unsur Muspida wilayah Cibinong, 24 lintas ormas se-kabupaten Bogor dan ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Bogor, Rike Iskandar dan para tamu undangan.

“Alhamdulillah, Bazaar Gebyar Ramadhan telah dibuka oleh Pemkab Bogor secara langsung oleh Lurah Pakansari yang mewakilinya,” ujar Daulat S Harahap, Ketua Forum Lintas Ormas Kabupaten Bogor.

Daulat Harahap menjelaskan, bahwa keberadaan bazaar gebyar Ramadhan tersebut, untuk kalangan masyarakat menengah bawah.

“Keberadaan bazaar ini adalah untuk masyarakat kalangan menengah bawah. Maka dari itu, kita sebagai lintas ormas untuk membantu masyarakat kabupaten Bogor yang ingin membeli kebutuhan pada lebaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KORMI kabupaten Bogor, Rike Iskandar mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung acara bazaar gebyar ramadhan 1445 Hijriah yang digelar di area parkir stadion pakansari-Cibinong.

“Mari kita ajak masyarakat kabupaten Bogor, untuk meramaikan acara bazaar gebyar ramadhan ini. Mudah-mudahan, di bulan Ramadhan ini menjadi baik dan penuh berkah dalam menjalin silaturahmi,” ujarnya.

“Perlu di ketahui, ini acara masyarakat kalangan menengah dan bawah yang di gagas oleh lintas ormas se- Kabupaten Bogor yang harus di dukung,” pungkasnya. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

Tim SAR Temukan 3 Jasad Korban Tanah Longsor Kabupaten Bandung Barat

tanah longsor
Hari keempat pencarian tim SAR gabungan kembali berhasil menemukan dan mengevakuasi 3 jenazah korban tertimbun longsor di titik yang sama yakni sektor alfa 1. Kamis 28 Maret 2024 (Beritasatu.com/Algi Muhamad Gifari)

TIMETODAY.ID – Tiga korban yang tertimbun tanah longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh tim SAR gabungan, Kamis (28/3/2024) siang.

“Setelah melakukan update data pada hari keempat, kami berhasil menemukan tiga korban,” kata Kasi Ops dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono, dikutip dari beritasatu.com

Ketiga korban yang tertimbun di bawah tebalnya lumpur antara lain terdiri dari dua wanita dewasa dan satu anak perempuan.

“Kami mencatat bahwa penemuan korban wanita dewasa dilakukan pada pukul 10.30 WIB, anak perempuan pada pukul 12.05 WIB, dan wanita dewasa kedua ditemukan pada pukul 12.06 WIB,” tambahnya.

Supriono mengungkapkan bahwa kedua korban terakhir ditemukan dalam keadaan yang mengharukan, yakni terbaring tengkurap sambil berpelukan. Ia menduga keduanya adalah ibu dan anak.

Dengan penemuan ini, tinggal tiga korban lagi yang tersisa tertimbun, dan operasi SAR akan terus dilanjutkan.

“Kami memperkirakan posisi korban agak dalam, sekitar 2 meter di bawah permukaan longsor. Oleh karena itu, tim harus berhati-hati saat melakukan evakuasi karena ada material bangunan yang harus diatasi,” jelasnya.

Hingga pukul 12.30 WIB, Kamis (28/3/2024), total tujuh jenazah berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dari total sepuluh korban yang hilang. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

400 Anak Yatim di Bogor Buka Bersama di Vihara Dhanagun

Vihara Dhanagun
400 Anak Yatim di Bogor Buka Bersama di Vihara Dhanagun, Rabu (28/3/2024).

TIMETODAY.ID – Rumah ibadah Vihara Dhanagun kembali melakukan buka puasa bersama dan santunan kepada lebih dari 400 anak yatim di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/3/2024).

Ketua Panitia Bukber Vihara Dhanagun, Hettyana Yasin Raharja mengatakan, acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Vihara Dhanagun setiap tahun.

Ia menjelaskan bahwa acara ini merupakan cerminan dari rasa kebersamaan yang ada di Kota Bogor. Pada tahun ini, pihaknya telah mengundang sebanyak 400 anak yatim piatu dari semua kecamatan yang dan di Kota Bogor.

“Setiap tahun kita menggelar ini, dari tahun 2015 kita sudah mengadakan buka bersama dengan anak yatim dan juga difabel. Untuk difabel di hari minggu juga akan kita undang ada 200 penyandang disabilitas,” terangnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

STP Bogor Gandeng BPDPKS Gelar Workshop Pembuatan Produk Berbahan Dasar Sawit

STP
Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar kegiatan Workshop Pembuatan Produk Berbahan Dasar Sawit, Kamis (28/3/2024). Foto : timetoday.id

TIMETODAY.IDSekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bogor bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar kegiatan Workshop Pembuatan Produk Berbahan Dasar Sawit, Kamis (28/3/2024).

Digelarnya workshop tersebut adalah untuk meningkatkan kemandirian finansial para perempuan dalam rangka pengarusutamaan gender yang jadi salah satu sasaran rencana pembangunan yang terdapat dalam RPJM 2005-2025 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia termasuk peran perempuan dalam pembangunan.

Menurut Ketua STP Bogor, Seruni Dinitri pengarusutamaan gender merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi salah satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kebijakan, serta program pembangunan nasional.

Selain itu, ada program dunia yaitu SDGs juga mendukung untuk memenuhi hakhak perempuan, mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender serta memperkuat pengarusutamaan gender dalam Pembangunan.

“Kami selaku kampus pariwisata akan melakukan inovasi produk-produk berbahan dasar sawit baik itu untuk makanan, pastry maupun minuman. Tema hari ini produknya sendiri ada yang produk makanan,” kata Seruni kepada wartawan.

Berdasarkan data BPS tahun 2023, kata dia jumlah perempuan di Indonesia pada tahun 2023 adalah 49,92 persen dan laki laki 50,08 persen dari total penduduk Indonesia sebanyak 280,73 juta jiwa (Kementerian Dalam Negeri, Desember 2023).

Jika melihat struktur perempuan dan laki laki antara perkotaan dan pedesaan, diperkotaan memiliki proporsi Perempuan lebih banyak dibandingkan dipedesaan namun tidak dengan pedesaan.

Gender dapat diartikan sebagai perbedaan peran, fungsi, persifatan, kedudukan, tanggung jawab dan hak perilaku perempuan dan laki-laki yang dibentuk, dibuat, dan disosialisasikan oleh norma, adat kebiasaan, dan kepercayaan masyarakat setempat (Puspitawati, 2010).

Namun, masih banyak hambatan dalam pendekatan kesetaraan gender yang terjadi saat ini di masyarakat Indonesia.

“Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman, perlindungan hukum yang masih kurang dan diskriminatif, serta dan adanya budaya (adat istiadat) yang bias akan gender,” tuturnya.

Gender perempuan dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, dapat berfungsi untuk menjamin ketahanan pangan keluarga, aktif di ranah sosial, dan membantu perekonomian rumah tangga.

Perempuan dapat menjadi pengelola finansial keluarga, menjadi pengambil keputusan dalam pemilihan produk yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari untuk tujuan pangan maupun non pangan.

Sehingga upaya pemberdayaan perempuan diperlukan agar perempuan memiliki kemampuan untuk memperoleh akses dan kontrol terhadap sumber daya, ekonomi, politik, sosial, budaya, sehingga perempuan menjadi percaya diri untuk mampu berperan dan berpartisipasi aktif dalam membangun kemampuan, mampu menggali dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di daerahnya, dan mandiri secara finansial.

“Dalam mencapai kemandirian finansial banyak perempuan perempuan yang telah melakukan bisnis atau usaha mandiri. Salah satu bisnis yang dapat dilakukan oleh perempuan adalah bisnis kuliner,” terangnya.

Hal ini karena bisnis kuliner mudah dan merupakan biasanya sekaligus menyalurkan hobi. Menurut BPS (2022) menyatakan bahwa terdapat sebanyak 11.223 usaha kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2020, dengan rincian restoran atau rumah makan 71,65% (sebanyak 8.042 usaha), catering 2,40% (269 usaha), dan sisanya kategori lain 25,95% (2.912 usaha).

Sepuluh provinsi dengan jumlah usaha kuliner terbanyak di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Riau, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, dan DI Yogyakarta.

Oleopangan sebagai salah satu produk hilirisasi CPO berupa produk olahan pangan yang banyak digunakan pada bisnis kuliner. Berdasarkan data Ditjenbun (2022), luas areal kelapa sawit pada tahun 2022 mencapai 15,38 juta Ha dengan total produksi CPO Indonesia mencapai 48,24 juta ton.

“Produk-produk oleofood sawit di antaranya minyak goreng, margarin, shortening, non dairy creamer, frying fat, vanaspati, cocoa butter substitute (CBS), salad oil, vegetable ghee, dan lain sebagainya,” beber Seruni.

Produk CBS umumnya dimanfaatkan pada produk pastry, bakery dan cake, produk creamer dapat dimanfaatkan pada minuman seperti kopi, teh, dan minuman tradisional seperti bajigur, cendol, bandrek, produk gulai, soto, dan lainnya, produk frying fat dan shortening umumnya digunakan pada pengolahan steak, frozen food dan sebagainya.

Pemanfaatan produk-produk oleofood ini menjadi aneka produk olahan pangan dan minuman dan dengan cita rasa tinggi dapat meningkatkan pemanfaatan produk turunan sawit untuk pasar domestik.

Seruni berharap, melalui pelaksanaan workshop ini, perempuan diharapkan mampu menambah pengetahuan dan mampu memproduksi produk-produk oleofood berbahan sawit dan memasarkannya di lingkungan sekitar. Sehingga ke depannya perempuan menjadi mandiri dan merdeka dari kemiskinan, keterbelakangan, kesenjangan dan ketidakberdayaan.

“Kegiatan ini juga sekaligus membantu mempromosikan kebaikan kebaikan yang ada di sawit sehingga pengetahuan Masyarakat terhadap kebaikan sawit semakin meningkat dan tersebar luas sesuai dengan slogan Sawit Baik (Bersih, Akuntabel, Integritas dan Kesempurnaan. Sponsor utama kegiatan workshop ini adalah BPDPKS,” ujarnya.

Menyatakan bahwa ini merupakan salah satu bentuk dalam mendukung program pemerintah mengenai hilirisasi bahan baku yang kemudian dapat menjadi nilai jual yang tinggi.

Meskipun sawit dikenal sebagai bahan bakar, namun sawit juga tidak kalah sehat jika mengkonsumsinya. Bahkan sudah diterbitkan buku mengenai mitos dan fakta mengenai olahan turunan sawit. Serta olahan ini tidak akan merubah rasa. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

Atang Trisnanto Dorong Pemberian THR Lebaran bagi Warga Kota Bogor Terdampak Bencana

Atang Trisnanto
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat Atang Trisnanto. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat Atang Trisnanto mendorong pemerintah setempat memberi bantuan sembako, mukena, baju koko, uang tunai dan kebutuhan lain semacam “THR Lebaran” bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini sebagai pelipur lara jelang Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Atang menilai, bantuan semacam “THR Lebaran” bagi warga terdampak bencana yang harus mengungsi, ataupun masih berada di tempat tinggalnya dalam wilayah rawan bencana, kebutuhan mereka jelang hari raya Idul Fitri ini perlu menjadi perhatian pemerintah, agar mereka tetap mendapat keceriaan di hari kemenangan.

“Esensinya Idul Fitri itu kemenangan melawan nafsu, meningkatkan empati, simpati kita terhadap sesama. Ramadan dan Idul Fitri yang masuk di bulan-bulan musim penghujan tahun ini, dengan cuaca ekstrem, ada ribuan warga kita terdampak bencana. Saya mendorong agar ada semacam “THR Lebaran” untuk mereka, untuk keceriaan mereka di hari raya,” ujar Atang di Kota Bogor, Selasa.

Menurut data BPBD Kota Bogor dalam tiga bulan terakhir, dimulai dari Januari hingga Senin (25/3) terdapat 149 rumah terdampak bencana banjir, longsor, pohon tumbang, kebakaran atau rumah roboh karena rapuh. Kondisi bangun mulai dari rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat, dengan rincian pada Januari 53 rumah terdampak, Februari sebanyak 46 rumah terdampak dan data sementara Maret terdapat 50 rumah terdampak.

Dari 149 rumah rusak terdampak bencana tersebut terdapat 1.134 jiwa dari 540 kartu keluarga (KK) penghuninya harus mengungsi atau tetap tinggal dengan penuh risiko bencana susulan.

Atang berpandangan bahwa anggaran tanggap bencana pada biaya tak terduga (BTT) di musim penghuujan ini dapat disisihkan untuk memberi bantuan bagi warga terdampak, bukan hanya untuk keperluan evakuasi, kebutuhan mengungsi, tetapi juga menjaga semangat dan suasana kebatinan mereka jelang Idul Fitri.

DPRD bersama Pemkot Bogor telah menyiapkan anggaran BTT hingga tiga kali lipat dari tahun 2019 pada anggaran belanja daerah 2024, dengan total nilai Rp98,5 miliar dari Rp30 miliar sebelumnya.

Atang menerangkan, dari anggaran BTT Dinas Perumkim dan Dinas PUPR bisa segera mengajukan segala kebutuhan perbaikan rumah, turap atau bangunan lain yang rusak.

Sementara, pemerintah melalui Dinas Sosial dapat menghitung, menyisihkan dan menggandeng pengusaha, PNS, dewan untuk memberi bantuan “THR Lebaran” kepada mereka yang terdammpak bencana.

“Tidak harus besar, tapi ada perhatian kita terhadap warga terdampak bencana di tengah rumahhnya rusak, kebutuhan meningkat, harga-harga naik. Ini betul-betul kemanusiaan dan kepeduliah pemerintaah dan empati sesama umat beragama,” ungkapnya.

Pemerintah, kata Atang, dapat memverifikasi dan validasi kondisi mereka yang terdampak bencana selama tiga bulan terakhir jelang Ramadan dan Idul Fitri ini untuk menentukan berapa dan apa yang mungkin diberikan sebagai bantuan atauu “THR Lebaran”.

Alternatif anggaran yang dapat digunakan untuk memberikan “THR Lebaran” warga terdampak dapat dialokasikan dari anggaran bantuan sosial, urunan PNS, dewan dan CSR atau tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dari perusahaan.

“Saya kira ini momen pas memastikan bahwa pemerintah dan para wakil rakyat konsisten, tetap bekerja, responship kepada warga masyarakat hingga akhir jabatan yang tinggal hitungan bulan ini. Idul Fitri ini pasti berat bagi warga terdampak bencana, jangan biarkan mereka hanya menunggu belas kasih tetangga saja, pemerintah, dewan dan pengusaha mari summbangsih menyisihkan anggaran “THR Lebaran” untuk mereka,” ajak Atang.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

Deretan Peristiwa yang Diperingati 29 Maret 2024

29 Maret 2024
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID –  Pada tanggal 29 Maret 2024, jatuh pada hari Jumat dan diperingati sebagai Hari Kenaikan Yesus Kristus. Seiring dengan itu, terdapat beberapa peringatan dan perayaan yang dirayakan pada tanggal tersebut:

  1. Hari Kenaikan Yesus Kristus

Tanggal 29 Maret 2024 diakui sebagai hari libur nasional yang memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus.

Sebelumnya dikenal sebagai Kenaikan Isa Almasih, namun sejak tahun 2023, Pemerintah mengubahnya menjadi Hari Kenaikan Yesus Kristus.

Keputusan ini sesuai dengan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 251 Tahun 1967. Kenaikan Isa Almasih sendiri adalah peristiwa 40 hari setelah Kebangkitan Yesus, di mana Yesus naik ke langit setelah memberikan pesan tentang kebaikan kepada murid-muridnya.

  1. Hari Jumat Agung

Tanggal 29 Maret juga merayakan Hari Jumat Agung, yang merupakan hari sebelum Minggu Paskah.

Hari ini adalah peringatan terhadap Penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di Kalvari. Dikenal juga dengan sebutan Jumat Agung, Jumat Hitam, atau Jumat Suci, perayaan ini sudah ada sejak abad ke-4 dengan ritual berpuasa dan penghormatan terhadap pengorbanan Yesus atas kasih-Nya kepada umat manusia.

  1. Hari Kelereng Sedunia

Selain itu, tanggal 29 Maret juga diperingati sebagai Hari Kelereng Sedunia, yang merupakan tradisi yang berasal dari Inggris pada tahun 1588.

Meskipun di Indonesia kelereng hanya menjadi mainan anak-anak, di luar negeri terdapat kejuaraan kelereng yang diadakan di Tinsley Green.

Turnamen ini dimulai dari persaingan antara dua pria untuk memenangkan hati seorang wanita, Joan, dan akhirnya berujung pada turnamen kelereng yang menjadi perayaan tahunan sejak abad ke-18 hingga saat ini. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

Gunung Kidul Diguncang Gempa, BMKG : Tak Berpotensi Tsunami

Gempa
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Info terkini mengenai gempa di Indonesia, Kamis, 28 Maret 2024, mengguncang Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta, namun BMKG menyatakan tidak berpotensi tsunami.

BMKG melaporkan kejadian gempa terbaru di Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta.

Pemberitahuan tentang gempa Gunung Kidul disampaikan melalui akun Twitter resmi BMKG @infoBMKG.

Berdasarkan informasi dari BMKG, episenter gempa terbaru terletak di laut Selatan Jawa, di wilayah Gunung Kidul, sekitar 2 menit yang lalu.

BMKG mencatat kekuatan gempa hari ini di Gunung Kidul mencapai magnitudo 5.1, dengan kedalaman 10 Km.

Gempa berkekuatan M 5.1 tersebut terjadi pada pukul 15:01 WIB.

Koordinat lokasi gempa hari ini adalah 89.30 LS, 110.17 BT atau sekitar 153 km Barat Daya dari Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Meskipun demikian, dampak dari gempa Gunung Kidul belum diketahui.

BMKG juga menegaskan bahwa gempa di Gunung Kidul tidak berpotensi tsunami. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

Doa Malam Lailatul Qadar untuk Memohon Keberkahan

malam Lailatul Qadar
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Kaum muslim dapat berdoa untuk mendapat malam Lailatul Qadar, sebuah anjuran dari Rasulullah SAW adalah untuk mengucapkan doa spesifik pada malam tersebut.

Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW, mencatat bahwa Nabi sering mengucapkan doa Lailatul Qadar untuk memohon keberkahan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Menurut laporan dari sayyidah Aisyah ra, dalam sebuah pertemuan ia bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang doa yang sebaiknya dibaca jika menemui Lailatul Qadar.

Nabi menjawab dengan doa berikut, “Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf yang Pemurah. Engkau juga menyukai pemaafan, oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)” (HR At-Tirmidzi).

Dikutip dari laman NU, berikut adalah doa malam Lailatul Qadar yang disarankan untuk dibaca sebanyak-banyaknya, baik itu setelah sholat fardu atau sunnah:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Arab-latin: Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah)

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf yang Pemurah. Engkau juga menyukai pemaafan. Oleh karena itu, ampunilah aku (ampunilah kami).” ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement

Tanggal Berapa Malam Lailatul Qadar? Simak Penjelasannya

Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.IDMalam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang dihormati selama bulan Ramadhan dan menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam.

Tentang malam Lailatul Qadar tahun 2024, berikut ini adalah estimasi tanggalnya beserta penjelasannya.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), Lailatul Qadar bermakna malam keagungan atau malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Pada malam Lailatul Qadar, Allah pertama kali menurunkan wahyu Al-Quran kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril.

Selain itu, pada malam Lailatul Qadar juga Allah menurunkan berbagai kebaikan dan keberkahan bagi seluruh umat manusia.

“Sesungguhnya malam Lailatul Qadar itu penuh dengan keberkahan dan keselamatan dari segala keburukan.” (Ahmad bin Muhammad As-Shawi, Tafsir Jalalain dan Hasyiyah As-Shawi, [Surabaya, Dar Ilmi], juz IV halaman 453).

Malam Lailatul Qadar tahun 2024 diperkirakan jatuh pada tanggal berikut ini, berdasarkan penanggalan Hijriah 1445 H, yang mengacu pada hari-hari ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadhan:

  • 21 Ramadhan 1445 Hijriah: Senin, 1 April 2024 (Perkiraan malam Lailatul Qadar)
  • 23 Ramadhan 1445 Hijriah: Rabu, 3 April 2024 (Perkiraan malam Lailatul Qadar)
  • 25 Ramadhan 1445 Hijriah: Jumat, 5 April 2024 (Perkiraan malam Lailatul Qadar)
  • 27 Ramadhan 1445 Hijriah: Minggu, 7 April 2024 (Perkiraan malam Lailatul Qadar)

Demikian informasi singkat mengenai malam Lailatul Qadar. Semoga bermanfaat.  ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Advertisement