Mengenang 6 Tempat Wisata Populer yang Kini Terlantar dan Sepi Pengunjung

tempat wisata
Kampung Gajah Wonderland – Bandung

TIMETODAY.ID – Sejumlah tempat wisata yang dahulu populer kini kehilangan pesonanya dan ditinggalkan. Berbagai faktor seperti kemunculan objek wisata baru dan dampak pandemi Covid-19 membuat destinasi ini tidak lagi ramai.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Indonesia yang dulu menjadi primadona namun kini telah sepi layaknya tempat terbengkalai.

  1. Snowbay Water Park – Jakarta

Dulunya terletak di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Snowbay Water Park menjadi favorit masyarakat yang ingin merasakan wahana air lengkap.

Advertisement

Tempat ini populer dengan wahana seluncuran Hurricane dan Cool Running. Sayangnya, pandemi Covid-19 dan pengambilalihan TMII oleh pemerintah membuat Snowbay harus berhenti beroperasi.

Kini, bekas area Snowbay dialihfungsikan menjadi gedung parkir terpusat.

  1. Depok Fantasi Waterpark – Jawa Barat

Depok Fantasi Waterpark atau Aladin Waterpark, taman air dengan nuansa Timur Tengah yang berdiri sejak 2008, kini hanya menjadi kenangan.

Pandemi membuat taman ini terpaksa tutup dan bahkan sudah rata dengan tanah untuk dialihfungsikan menjadi kompleks perumahan.

Baca Juga :  7 Wisata Anti Mainstream di Yogyakarta, Lengkap dengan Alamatnya

Sebelumnya, Aladin Waterpark selalu ramai dengan wahana seperti seluncuran air, air mancur, hingga ember tumpah yang disukai pengunjung.

  1. Kampung Gajah Wonderland – Bandung

Kampung Gajah Wonderland di Bandung Barat sempat menjadi destinasi favorit keluarga dengan berbagai atraksi unik dan patung-patung gajah di sepanjang jalan.

Sayangnya, taman wisata ini harus ditutup pada 2017 karena pailit dan kini terlihat tak terawat. Meski begitu, tempat ini menarik perhatian wisatawan yang menyukai pengalaman horor dan mencari spot foto.

  1. Taman Festival Bali – Bali

Dekat Pantai Sanur, Taman Festival Bali pernah ramai dengan turis lokal dan mancanegara, namun harus ditutup karena krisis pada 1999.

Sekarang, tempat ini lebih dikenal sebagai spot foto terbengkalai dengan tanaman merambat dan grafiti yang menambah suasana eksotis namun mencekam.

Baca Juga :  BBTNBTS Umumkan Wisata Gunung Bromo Ditutup hingga 24 Juni 2024, Ada Apa?

Wisatawan yang tertarik untuk berkunjung dikenakan biaya masuk Rp10 ribu untuk menikmati nuansa horor tempat ini.

  1. Taman Remaja Surabaya – Jawa Timur

Berdiri sejak 1971, Taman Remaja Surabaya menjadi kebanggaan warga dengan 20 wahana permainan yang ditawarkan.

Namun, tempat ini ditutup pada 2018 karena berakhirnya kontrak pengelolaan dengan pemerintah kota.

Kini, Taman Remaja Surabaya sering digunakan sebagai lokasi konser, meskipun cerita mistis masih berkembang di kalangan warga sekitar.

  1. Wonderia – Semarang

Wonderia yang dibuka pada 2004 pernah menjadi taman hiburan populer di Semarang. Namun, setelah insiden kecelakaan di wahana plane tower yang menyebabkan belasan pengunjung luka-luka, Wonderia terpaksa tutup pada 2007.

Kini, kawasan bekas Wonderia akan diubah menjadi hutan kota oleh pemerintah setempat. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================