Calon Wali Kota Bogor Rena Da Frina Soroti Krisis Lahan Pertanian di Kota Bogor

Rena Da Frina
Calon Wali Kota Bogor Rena Da Frina saat menyapan warga Babakan Pasar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/10/2024). Foto : timetoday.id.

TIMETODAY.ID – Calon Wali Kota Bogor nomor urut empat, Rena Da Frina, mengungkapkan keprihatinannya terkait semakin menyusutnya lahan pertanian di Kota Bogor.

Menurutnya, lahan pertanian di kota ini hanya tersisa sekitar 5-10 persen dari total luas wilayah, dengan mayoritas lahan tersebut berada di Bogor Barat dan Bogor Selatan.

“Lahan pertanian di Kota Bogor ini sudah tinggal 10 persen, bahkan angka itu pun sudah terbilang besar. Menurut saya, sebenarnya yang tersisa hanya 5 persen. Lahan tersebut kebanyakan berada di Bogor Barat dan Selatan,” ujarnya, saat ditemui di Babakan Pasar, belum lama ini.

Advertisement

Rena menyoroti bahwa lahan pertanian di Bogor Selatan sebagian besar dimiliki oleh pihak swasta. Ia pun menyarankan adanya kerja sama antara pemerintah dengan pemilik lahan guna menjaga keberlangsungan lahan pertanian tersebut.

Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor dan Perwakilan Transporter Angkutan Tambang Sepakati 8 Hal Ini

Menurutnya, pemerintah perlu membuat perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MOU) dengan para pemilik lahan untuk memastikan bahwa lahan tersebut tetap bisa digunakan sebagai area pertanian.

Selain itu, Rena juga mengusulkan agar lahan pertanian ini bisa dijadikan objek wisata pertanian yang mampu menarik pengunjung sekaligus menjaga produktivitas lahan.

“Pemerintah harus bisa membuat MOU dengan pemilik lahan, supaya lahan pertanian tetap terjaga. Kita juga bisa menjadikan lahan tersebut objek wisata, tanpa mengurangi fungsi utama sebagai area pertanian,” tambah Rena.

Bagi Rena, luas lahan pertanian di Kota Bogor memang sudah sangat terbatas, terutama di wilayah Bogor Tengah yang kini tidak lagi memiliki lahan pertanian. Sementara di Bogor Timur, lahan pertanian masih ada, namun lokasinya berada di ujung wilayah

Baca Juga :  Rena Da Frina Siap Perjuangkan Lapangan Kerja Layak bagi Warga di Pinggiran Kota Bogor

“Kita harus bisa membatasi alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan atau penggunaan lainnya. Harus ada regulasi yang jelas untuk melindungi lahan pertanian yang tersisa, walaupun jumlahnya tidak banyak,” tegasnya.

Rena menggarisbawahi pentingnya regulasi yang tegas dari pemerintah dalam melindungi lahan pertanian agar tidak terus berkurang, dan mempertahankan keberadaan lahan pertanian yang masih ada di Kota Bogor. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================