Hari Santri Nasional 2024, Rena Da Frina Janjikan Dukungan Penuh bagi Santri Bogor

Hari Santri Nasional
Cawalkot Bogor nomor urut empat. Rena Da frina. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Calon Wali Kota Bogor, Rena Da Frina, menyampaikan ucapan selamat Hari Santri Nasional (HSN) 2024 yang diperingati setiap 22 Oktober.

Dalam pesannya, Rena menyampaikan apresiasi khusus kepada seluruh santri di Kota Bogor, yang kerap disebut sebagai ‘Kota Hujan’.

Rena berkomitmen untuk melibatkan para santri dalam memajukan Kota Bogor apabila dirinya terpilih sebagai Wali Kota.

Advertisement

Menurutnya, pemikiran para santri sangat dibutuhkan untuk mendorong terciptanya kota yang lebih toleran, menjaga keragaman, serta menyelaraskan nilai-nilai keislaman dan budaya lokal.

“Saya pasti memerlukan kontribusi pemikiran dari para santri di Kota Bogor untuk menjadikan kota lebih toleransi, menjaga keberagaman, menyelaraskan nilai keislaman serta budaya, maupun lainnya,” ujar Rena, Selasa (22/10/2024).

Baca Juga :  Jauh di Mata, Dekat di WhatsApp: Teddy Risandi Sampaikan Cinta di Forum Debat

Rena menegaskan bahwa peran santri sangat penting dalam membangun masa depan Kota Bogor.

Ia juga mengingatkan bahwa para santri dan ulama di kota ini memiliki rekam jejak bersejarah, khususnya dalam perjuangan melawan penjajahan.

“Santri memiliki rekam sejarah utama dalam peradaban Indonesia dan khususnya Kota Bogor. Saya ingin santri di Kota Bogor tidak berhenti berjuang membangun daerah ini,” ungkap Rena.

Berdasarkan data Kota Bogor tahun 2022, Rena mencatat bahwa terdapat 170 pesantren di Kota Bogor. Fakta ini, menurutnya, menunjukkan bahwa Bogor juga layak disebut sebagai Kota Santri.

Baca Juga :  Melalui UHC, Pemkab Bogor Pastikan Masyarakat Kurang Mampu Bisa Dapat Jaminan Kesehatan Melalui Jamkesda

Rena juga menekankan pentingnya pemberdayaan santri di Kota Bogor. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui akses pendidikan yang lebih mudah, pelatihan kewirausahaan, dan beasiswa.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ulama dan santri, Rena berjanji akan memberikan insentif bagi para guru mengaji di Kota Bogor sebagai salah satu misi utamanya.

“Saya ingin setiap guru mengaji di Kota Bogor mendapatkan insentif bulanan sebesar Rp 400 ribu. Kerja para santri yang menjadi guru mengaji harus dihargai,” tuntas Rena. ***

=========================================================