Profil Singkat Hanif Faisol Nurofiq, Menteri Lingkungan Hidup RI di Kabinet Merah Putih

Hanif Faisol Nurofiq
Menteri Lingkungan Hidup RI, Hanif Faisol Nurofiq. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Hanif Faisol Nurofiq sebagai Menteri Lingkungan Hidup sekaligus Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup dalam Kabinet Merah Putih.

Keputusan ini disampaikan pada Minggu malam, 20 Oktober 2024, di Istana Negara, Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Presiden Prabowo juga mengumumkan pemisahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadi dua kementerian baru yakni Kementerian Lingkungan Hidup/Badan Pengendalian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan.

Profil Singkat Hanif Faisol Nurofiq

Advertisement
Baca Juga :  Ahmad Muzani Beberkan Alasan Prabowo Belum Bertemu dengan Megawati Jelang Pelantikan

Melansir beritasatu.com, Senin (21/10/2024) Hanif Faisol Nurofiq lahir di Bojonegoro pada 21 Maret 1971 dan telah berkarier lama di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sebelum ditunjuk sebagai menteri, Hanif menjabat sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (Dirjen PKTL) di KLHK, serta pernah menjadi Sekretaris Ditjen PKTL.

Hanif juga memiliki pengalaman sebagai Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan, di mana ia mendapat kenaikan pangkat istimewa dari Presiden Jokowi atas kontribusinya.

Baca Juga :  Danrem Kunjungi Rumah Korban KRI Nanggala 402 di Bogor

Salah satu pencapaian besarnya adalah mengembangkan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2THI), yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Hari Pers Nasional 2020.

Dalam bidang pendidikan, Hanif menyelesaikan pendidikan S-1 dan S-2 di Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, dan meraih gelar doktor dari Universitas Brawijaya, Malang. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================