Hanif Faisol Nurofiq, dari Hutan Kalimantan Hingga Kandidat Menteri Kabinet Prabowo Subianto

Hanif Faisol Nurofiq
Hanif Faisol Nurofiq, Dirjen PKTL KLHK berfoto bersama Presiden RI Prabowo Subinato. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Hanif Faisol Nurofiq, Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (Dirjen PKTL) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menjadi salah satu tokoh yang dipertimbangkan untuk posisi menteri dalam kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hanif, bersama 49 tokoh lainnya, menghadiri undangan Prabowo di kediamannya di Jalan Kartanegara, Jakarta, pada 14 Oktober 2024, dan keesokan harinya mengikuti sesi pembekalan calon menteri di Hambalang.

Lahir di Bojonegoro pada 1971, Hanif adalah anak kedelapan dari sepuluh bersaudara. Pendidikan dasarnya ia tempuh di Bojonegoro, sebelum melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), Kalimantan Selatan, dan kemudian meraih gelar Doktor di Universitas Brawijaya, Malang.

Advertisement
Baca Juga :  Pernah Disinggahi Prabowo, Kondisi Villa Terbengkalai di Bogor Ini Bikin Merinding Kerap Muncul Sosok Wanita

Karier Hanif di dunia kehutanan dimulai pada 1993 sebagai Staf Data di Kalimantan Selatan. Ia terus mendaki tangga karier, dari Kepala Resort Pemangkuan Hutan hingga Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada 2016, ia diangkat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, di mana ia menggagas “Revolusi Hijau.” Pada 2020, ia dipromosikan menjadi Sekretaris Dirjen PKTL, sebelum akhirnya menjadi Dirjen PKTL pada 2023.

Baca Juga :  Profil Singkat Hanif Faisol Nurofiq, Menteri Lingkungan Hidup RI di Kabinet Merah Putih

Dengan rekam jejak panjang dalam perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam, Hanif menjadi salah satu kandidat kuat untuk masuk dalam kabinet Prabowo. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================