Permintaan BFA Ditolak, PSSI Jamin Laga Kualifikasi Piala Dunia Tetap di Jakarta

BFA
BFA Klaim Jadi Target Serangan Siber Usai Kontroversi Laga Bahrain vs Indonesia di lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Foto:PSSI.

TIMETODAY.ID –  Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) meminta agar pertandingan leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Indonesia pada 25 Maret 2025 dipindahkan ke lokasi netral karena alasan keamanan. Namun, PSSI menolak permintaan tersebut dan memastikan laga tetap dilaksanakan di Jakarta.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menegaskan bahwa PSSI akan menjamin keamanan tim nasional Bahrain selama mereka berada di Indonesia.

Arya juga menyampaikan bahwa PSSI akan mengirim surat kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk menegaskan bahwa pertandingan harus tetap dilangsungkan di Jakarta, sesuai dengan kesetaraan, karena laga pertama telah dimainkan di Bahrain.

Advertisement

“PSSI akan mengirim surat ke AFC agar pertandingan tetap berlangsung di Jakarta demi keadilan, mengingat laga pertama sudah diadakan di Bahrain,” ujar Arya seperti dikutip beritasatu.com, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga :  Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ia juga menambahkan bahwa PSSI berkomitmen memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh tamu, termasuk tim Bahrain. Menurut Arya, masyarakat Indonesia dikenal ramah dan tidak perlu dikhawatirkan, meskipun reaksi di media sosial terkadang terlihat berbeda.

“Terkadang warganet Indonesia memang ramai di media sosial, tapi mereka sebenarnya orang-orang yang ramah dan baik,” tambah Arya.

Arya juga mengingatkan bahwa Indonesia telah sukses menggelar berbagai kompetisi internasional, termasuk Piala Dunia U-17 pada tahun 2023, yang menunjukkan kapasitas negara dalam menyelenggarakan event besar dengan aman.

Permintaan BFA untuk bermain di tempat netral muncul setelah kontroversi dalam pertandingan pertama yang berakhir imbang 2-2 pada Kamis (10/10/2024).

Baca Juga :  Piala Thomas 2024 : Indonesia Bakal Hadapi Korsel, Berikut Susunan Pemainnya

Keputusan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, yang memperpanjang injury time hingga sembilan menit dianggap menguntungkan Bahrain.

Gol penyama kedudukan dari Bahrain di detik akhir pertandingan tersebut memicu kemarahan warganet Indonesia, yang kemudian menyerang akun media sosial BFA dan pemain-pemainnya.

Indonesia dan Bahrain dijadwalkan kembali bertemu pada 25 Maret 2025 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, dalam laga grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================