Netizen Minta Keadilan Wasit Omar Al Ali dalam Pertandingan Timnas Indonesia Vs China

Timnas Indonesia
Wasit Omar Mohamed Al-Ali dari Uni Emirat Arab. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Menjelang pertandingan Timnas Indonesia melawan China di Stadion Qingdao Youth Football, dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga grup C, warganet Indonesia mulai mencari informasi mengenai wasit Omar Al Ali yang akan memimpin laga tersebut.

Para netizen berupaya menyampaikan pesan kepada wasit asal Uni Emirat Arab ini agar bersikap adil saat memimpin pertandingan pada Selasa (15/10/2024). Mereka berharap Al Ali tidak mengulangi kesalahan wasit Ahmed Abu Bakar Al Kaf yang memimpin pertandingan Bahrain vs Indonesia di Riffa pekan lalu.

Wasit asal Oman itu dianggap merugikan Indonesia dengan keputusan kontroversial, salah satunya adalah penambahan waktu hingga menit ke-100, meskipun papan skor menunjukkan hanya enam menit tambahan waktu.

Advertisement

Di laga tersebut, Indonesia tertinggal setelah Mohamed Marhoon mencetak gol pada menit ke-15. Namun, Indonesia berhasil membalikkan keadaan melalui gol Ragnar Oratmangoen sebelum babak pertama berakhir dan gol Rafael Struick pada menit ke-74. Sayangnya, di detik-detik terakhir, Mohamed Marhoon kembali mencetak gol untuk Bahrain, menyamakan kedudukan pada menit ke-90+9.

Baca Juga :  Mengintip Gaji Megawati di Red Sparks Liga Voli Korea Selatan 2024/2025

Timnas Indonesia merasa dirugikan karena gol kedua Bahrain menghilangkan kemenangan yang sudah di depan mata. Kini, Indonesia berada di posisi kelima dari enam tim di grup C dengan total tiga poin.

Namun, saat ini akun media sosial Omar Al Ali yang akan memimpin pertandingan melawan China telah dikunci, sehingga para netizen Indonesia tidak bisa menyampaikan pesan mereka kepada wasit tersebut.

Omar Mohamed Al Ali dikenal sebagai wasit yang sering menimbulkan kontroversi. Beberapa keputusan sebelumnya membuat banyak pihak kecewa, sehingga warganet Indonesia merasa perlu waspada.

Ia juga pernah memimpin laga penyisihan grup antara Ulsan HD dari Korea Selatan dan Kawasaki Front dari Jepang, yang berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Kawasaki. Dalam laga tersebut, Al Ali mengeluarkan empat kartu kuning.

Di pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia grup C, Al Ali memimpin saat Bahrain mengalahkan Australia 1-0, di mana ia mengeluarkan satu kartu merah dan lima kartu kuning.

Baca Juga :  Timnas Indonesia Melaju ke Babak Perempat Final Piala Asia U 23 Usi Kalahkan Yordania 4-1

Dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, ia juga menjadi wasit saat Iran mengalahkan Vietnam 3-1, dengan dua kartu kuning yang dikeluarkannya.

Omar Mohamed Al Ali, wasit berusia 36 tahun yang lahir di Sharjah, UEA, juga bertugas di Liga UEA dan memimpin pertandingan kualifikasi Liga Champions Asia antara Shandong Taisan dan Bangkok United, di mana Taisan menang 5-4 lewat adu penalti dengan empat kartu kuning yang dikeluarkan.

Dengan hasil imbang melawan Bahrain, Indonesia kini berada di posisi kelima grup C dengan tiga poin. Jepang memimpin klasemen dengan sembilan poin setelah mengalahkan Arab Saudi 2-0, diikuti Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang masing-masing mengoleksi empat poin. Sementara itu, China berada di posisi terakhir tanpa poin. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================