Calon Wakil Bupati Bogor Jaro Ade Serahkan Bibit Pohon Ki Menyan untuk Lestarikan Gunung Menyan

Jaro Ade
Calon Wakil Bupati Bogor, Jaro Ade, saat menyerahkan bibit pohon Ki Menyan kepada kelompok tani di Desa Gunung Menyan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Senin (14/10/2024). Foto : Ist.

TIMETODAY.ID  – Merawat dan menjaga kelestarian gunung menjadi tanggung jawab bersama. Hal ini disampaikan oleh calon Wakil Bupati Bogor, Jaro Ade, saat menyerahkan bibit pohon Ki Menyan kepada kelompok tani di Desa Gunung Menyan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Senin (14/10/2024).

“Kita semua bertanggung jawab untuk melestarikan gunung. Jangan sampai pepohonan di gunung ditebang tanpa diganti dengan penanaman baru, karena hal ini dapat mengakibatkan longsor,” kata Jaro Ade dalam penyerahan simbolis bibit Kemenyan.

Jaro Ade juga menambahkan bahwa Gunung Menyan dulunya dikenal dengan pohon Kemenyan, namun kini pohon tersebut hampir punah. Oleh karena itu, Jaro Ade, yang merupakan politisi Partai Golkar, menyerahkan bibit pohon Kemenyan sebagai upaya untuk memulihkan identitas Gunung Menyan.

Advertisement
Baca Juga :  Janji Jaro Ade Tambah Kuota Pupuk Bersubsidi untuk Petani Bogor

“Saya prihatin, gunung ini dikenal dengan nama Gunung Menyan, tetapi pohon Kemenyan yang menjadi ciri khasnya malah sudah tidak ada. Bibit ini saya serahkan agar ditanam dan dirawat, sehingga generasi mendatang bisa mengenal pohon Kemenyan,” ujarnya.

Selain itu, dalam momen Maulid Nabi Muhammad SAW, Jaro Ade mengajak masyarakat untuk meneladani ajaran Nabi, khususnya dalam hal saling menolong dan menjaga lingkungan, termasuk merawat pepohonan.

“Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk menjaga perdamaian dan kesejahteraan bersama, termasuk menjaga kelestarian alam dengan merawat pohon dan tumbuhan,” tambahnya.

Baca Juga :  Gowes Sambil Lestarikan Batik di Kota Bogor

Menjelang Pilkada, Jaro Ade juga mengingatkan pentingnya menjaga situasi tetap kondusif dan menghindari informasi hoaks yang dapat memecah belah masyarakat.

Ia juga mengimbau warga untuk berpartisipasi dalam Pilkada Kabupaten Bogor pada 27 November 2024, karena setiap suara berperan penting dalam pembangunan daerah.

“Jagalah kondusivitas Pilkada 2024 ini. Satu suara Anda akan menentukan masa depan pembangunan Kabupaten Bogor,” pungkasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================