Tingginya Persentase Swing Voters, Pilwakot Bogor Masih Dinamis Menjelang November

Pilwakot
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Berbagai survei menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Bogor mengungkapkan fakta menarik, yaitu masih tingginya jumlah warga yang belum menentukan pilihan.

Kondisi ini membuat persaingan antar pasangan calon (paslon) yang berkompetisi tetap terbuka dan dinamis hingga pelaksanaan pemungutan suara pada November mendatang.

Survei yang dilakukan oleh Puspoll Indonesia pada Agustus lalu menunjukkan bahwa sekitar 30 persen warga Kota Bogor masih berstatus sebagai swing voters (pemilih mengambang).

Advertisement

Menurut Peneliti Puspoll Indonesia, Lukmanul Hakim, hal ini mencerminkan bahwa Pilwakot Bogor masih sangat fluktuatif, karena banyak warga yang belum bisa memutuskan atau bingung memilih calon.

Baca Juga :  Relawan Go Anis, Pembangkangan Terhadap Partai Golkar

“Itu menunjukkan Pilwakot Bogor masih amat dinamis. Karena mungkin masyarakat masih belum bisa dan bingung memutuskan,” kata Lukmanul Hakim beberapa waktu lalu.

Hal serupa ditemukan oleh Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) pada survei awal September, yang mencatat bahwa 8,25 persen masyarakat Kota Bogor belum menentukan pilihan, dan 3,25 persen di antaranya bahkan berencana untuk golput atau tidak memilih.

“Sejumlah warga juga mungkin masih akan mengubah pilihan mereka menjelang hari pemungutan suara,” ungkap Yus Fitriadi, Direktur Eksekutif LS Vinus.

Sementara itu, survei Charta Politika pada akhir September menunjukkan bahwa 12,3 persen responden di Kota Bogor masih belum memberikan jawaban mengenai pilihan mereka, dan 3,8 persen lainnya menyatakan keraguan untuk ikut serta dalam Pilwakot.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Bogor, Senin 14 Oktober 2024

Peneliti Charta Politika, Ardha Ranadireksa, menjelaskan bahwa sebanyak 16 persen responden cenderung memilih Wali Kota berdasarkan pengalaman calon di pemerintahan.

Pilwakot Bogor diikuti oleh lima paslon resmi yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Bogor, yaitu Sendi Fardiansyah-Melli Darsa, Atang Trisnanto-Annida Allivia, Dedie A. Rachim-Jenal Mutaqin, Rena Da Frina-Teddy Risandi, serta Raendi Rayendra-Eka Maulana. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================