Imbas Pungli, Pengunjung Gunung Pancar Sepi, Sandiaga Uno Usulkan Desa Wisata sebagai Solusi

Gunung Pancar
Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul Bogor/Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Taman Wisata Alam Gunung Pancar di Sentul kembali menjadi sorotan di media sosial terkait masalah pungutan liar (pungli), yang menyebabkan penurunan jumlah pengunjung.

Menanggapi kabat tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengusulkan solusi berupa kerja sama dengan berbagai pihak dan pembentukan desa wisata.

Menurut Sandiaga, kawasan tersebut akan dikelola melalui pendekatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan melibatkan komunitas media, pemerintah daerah, serta pemerintah desa.

Advertisement

“Kami akan menata kawasan tersebut dengan membentuk desa wisata yang mengedepankan kearifan lokal,” kata Sandiaga belum lama ini.

Baca Juga :  Hery Antasari Paparkan Langkah Percepatan Penurunan Stunting

Selain itu, dengan karakter masyarakat Jawa Barat yang dikenal ramah dan terbuka, Sandiaga berencana mendukung upaya tersebut dengan pendanaan, mirip dengan program desa wisata lainnya.

Sistem pembayaran akan dioptimalkan melalui digitalisasi agar pengalaman berwisata kembali aman dan nyaman.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Bogor sekaligus Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Barat, Hery Antasari, menjelaskan bahwa pemerintah setempat sudah melakukan koordinasi terkait penanganan pungli di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha 1445 H, Harga Bahan Pokok di Kota Bogor Terkendali, Daging Sapi Mahal

Hery menambahkan bahwa Pj Gubernur Jawa Barat telah mengadakan rapat khusus dengan Satgas Saber Pungli untuk menyelesaikan masalah ini.

“Kami berharap, dengan adanya langkah ini, pariwisata di Gunung Pancar dapat segera pulih,” tutupnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================