Musim Hujan di Indonesia Diprediksi Datang Lebih Cepat, Puncaknya November 2024

Musim hujan di Indonesia
Foto : Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.IDMusim hujan di Indonesia diperkirakan akan tiba lebih cepat dari biasanya. Puncak musim hujan diprediksi terjadi antara November 2024 hingga Februari 2025.

Melansir beritasatu.com, Jumat (20/9/2024) Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menyampaikan bahwa mayoritas wilayah Indonesia akan mengalami curah hujan yang termasuk kategori normal.

Menurut data BMKG, 79,1 persen wilayah Indonesia akan memasuki puncak musim hujan dengan 553 zona musim diproyeksikan mengalami curah hujan yang tidak lebih basah maupun lebih kering.

Advertisement

Beberapa wilayah seperti Sumatera, pesisir selatan Pulau Jawa, dan Kalimantan akan mengalami puncak musim hujan pada November hingga Desember 2024.

Baca Juga :  Kepala BNPB Ingatkan Siaga Bencana pada Puncak Musim Hujan Februari

Sementara itu, wilayah Lampung, bagian utara Pulau Jawa, sebagian kecil Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sebagian besar Papua diperkirakan mengalami puncaknya pada Januari hingga Februari 2025.

Selain itu, 10,7 persen dari 669 zona musim di Indonesia sudah memasuki musim hujan sejak September. Prediksi ini didasarkan pada analisis yang dilakukan oleh para ahli klimatologi BMKG dan disesuaikan dengan proyeksi iklim global.

Baca Juga :  Hadapi Potensi Gempa Besar, BMKG Pasang 530 Sensor Pendeteksi di Zona Megathrust

Dwikorita menambahkan, kementerian/lembaga diharapkan memanfaatkan prediksi ini untuk menyusun rencana aksi dini (early action), guna meminimalkan risiko kerugian yang sering terjadi selama musim hujan, seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Pemerintah daerah juga diminta untuk lebih aktif mengedukasi masyarakat terkait kesiapan menghadapi potensi bencana.

“Penting untuk selalu memantau perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG,” ujarnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================