FKMB Ontrog Kantor KPU Kota Bogor, Tuntut Transparansi Anggaran Pilkada 2024

FKMB
Forum Komunikasi Mahasiswa Bogor (FKMB) mengadakan aksi demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor di Jalan Senam, Jumat (20/9/2024). Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID – Forum Komunikasi Mahasiswa Bogor (FKMB) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor di Jalan Senam, Jumat (20/9/2024).

Mereka mendesak agar KPU Kota Bogor lebih transparan dalam pengelolaan anggaran Pilkada Walikota Bogor 2024.

Salah satu perwakilan FKMB yang enggan disebutkan namanya menjelaskan dalam orasinya bahwa anggaran Pilkada yang berasal dari APBD Kota Bogor mencapai Rp48 miliar dan telah dicairkan dalam dua tahap.

Advertisement

Tahap pertama, sebesar 40% atau sekitar Rp19,2 miliar, disalurkan pada November 2023, sementara tahap kedua, sebesar 60% atau sekitar Rp28,8 miliar, dicairkan pada Mei 2024.

Baca Juga :  KPU Kota Bogor Resmi Buka Perekrutan Pantarlih Untuk Pilkada Serentak 2024, Catat Tanggalnya!

Sebagai kelompok pengawas sosial, FKMB meminta KPU Kota Bogor untuk lebih terbuka mengenai bagaimana anggaran Pilkada tersebut digunakan. Mereka juga menyatakan akan terus melakukan aksi jika tuntutan ini tidak dipenuhi.

“Ada dua tuntutan, pertama kami meminta Ketua KPU Kota Bogor untuk bersikap terbuka terkait penggunaan dana Pilkada, kemudian menuntut agar KPU menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada Walikota Bogor 2024 dan akan melanjutkan aksi demonstrasi jika tuntutan tidak direspons,” tegasnya.

Baca Juga :  Tertibkan Parkir Liar, Pemkab Bogor Maksimalkan Personil dan Jam Patroli di Kawasan Puncak

Demonstrasi berlangsung dengan damai di bawah pengawasan ketat dari kepolisian. Hingga berita ini diterbitkan, KPU Kota Bogor belum memberikan tanggapan resmi terkait tuntutan yang diajukan oleh FKMB. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================