Lalu Lintas Jalur Puncak Kembali Normal Usai Penerapan Sistem Satu Arah

Lalu lintas jalur Puncak
Lalu lintas jalur Puncak, Kabupaten Bogor, telah kembali normal setelah sebelumnya diberlakukan sistem satu arah guna mengatasi kepadatan selama libur panjang. Foto : Ist.

TIMETODAY.IDLalu lintas jalur Puncak, Kabupaten Bogor, telah kembali normal setelah sebelumnya diberlakukan sistem satu arah guna mengatasi kepadatan selama libur panjang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Rizky Guntama, menyampaikan bahwa saat ini arus kendaraan di jalur Puncak sudah berjalan dua arah.

“Jalur Puncak saat ini sudah kembali normal dengan dua arah. Saat ini, kami hanya menunggu pembukaan akses dari arah tol menuju Puncak,” kata AKP Rizky Guntama, Senin (16/9/2024).

Advertisement

Normalisasi dua arah ini dimulai setelah pelaksanaan sistem satu arah dari Puncak menuju Jakarta.

Baca Juga :  Dishub Bogor Resmi Uji Coba Penerapan Pembayaran Parkir Non Tunai

“Sistem satu arah dari Puncak menuju Jakarta diberlakukan sejak pukul 06.30 WIB, dan arus dua arah mulai diberlakukan kembali pada pukul 15.00 WIB dari arah Ciawi,” lanjut Rizky.

Ia juga menegaskan bahwa selama proses normalisasi, tidak ada kemacetan yang signifikan.

“Selama proses penormalan, alhamdulillah, tidak ada hambatan berarti. Kepadatan sudah berkurang sejak pagi, terutama dengan adanya rekayasa satu arah yang kami lakukan. Hanya tersisa beberapa wisatawan yang belum turun,” tambahnya.

Terkait penggunaan jalur alternatif, Rizky menyebutkan bahwa banyak pengendara yang memanfaatkan rute alternatif untuk keluar dan masuk ke jalur utama Puncak.

Baca Juga :  Kick Off PPDB Kota Bogor 2024, Hery Antasari :  Bangun PPDB Bersih dan Jujur

Pada hari terakhir libur panjang, Polres Bogor memperkirakan volume kendaraan yang melintas mencapai 90 ribu, menurun dibandingkan hari sebelumnya yang mencatat 140 ribu kendaraan dalam 24 jam. “Penormalan arus lalu lintas dari pukul 15.00 hingga sekarang memakan waktu sekitar 1,5 jam,” tutup Rizky.

Meski arus lalu lintas sudah kembali normal, pengendara tetap diimbau untuk berhati-hati dan mengikuti arahan petugas di lapangan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================