Kemeriahan Kirab Karnaval Budaya Dongdang Meriahkan Maulid Nabi

Kirab Karnaval Budaya Dongdang
Kemeriahan Kirab Karnaval Budaya Dongdang Meriahkan Maulid Nabi.

TIMETODAY.ID – Di tengah suasana penuh kehangatan dan kebersamaan, Masjid Nurussalam Villa Ciomas Indah (VCI) Bogor menjadi pusat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang tak terlupakan tahun ini.

Acara tersebut dimeriahkan oleh Kirab Karnaval Budaya Dongdang yang melibatkan berbagai elemen masyarakat setempat. Kirab ini bukan hanya sekadar parade, akan tetapi merupakan ungkapan kreativitas dan kekompakan warga.

Setiap RT memamerkan dongdang mereka yang dibuat dengan tangan sendiri dalam berbagai bentuk yang mengesankan, mulai dari miniatur masjid, menara, hingga perahu dan lumbung padi.

Advertisement

Setiap kreasi tersebut diarak menuju Bundaran VCI untuk dinilai oleh dewan juri yang menilai model, penataan, kekompakan, dan keserasian pengiring.

Kegiatan ini tidak hanya berakhir dengan penilaian dongdang. Acara Maulid Nabi dimulai dengan penampilan hadroh dan rebana oleh anak-anak TPA dan ibu-ibu pengajian yang menggugah semangat.

Baca Juga :  Belantara Foundation Sosialisasikan Forest Restoration Project: SDGs Together

Ketua DKM Hendra, menyampaikan perayaan Maulid Nabi dan Karnaval Dongdang ini sangat berarti bagi masyarakat. Hal itu terlihat dari antusiasme warga yang luar biasa.

“Kegiatan ini, akan kami rencanakan sebagai agenda tahunan karena melihat antusias warga,” ungkapnya.

Momen yang paling ditunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang lomba karnaval dongdang. Dengan penuh kegembiraan, RT 03 RW 12 meraih juara ketiga, RT 01 RW 13 sebagai juara kedua, dan RT 01 RW 14 dinobatkan sebagai juara pertama.

Kehangatan semakin dirasakan saat pembagian 1.000 bongsang, infak sedekah dari warga blok J, K, L, dan M Villa Ciomas Indah, yang dibagikan kepada seluruh jamaah.

Baca Juga :  Ramai Warganet Unggah Soal Khodam Online di Media Sosial, Bagaimana Caranya?

Antusiasme tidak hanya datang dari jamaah, tetapi juga dari pejalan kaki, pengendara motor, dan warga di luar Villa Ciomas Indah yang turut antre untuk mendapatkan bongsang.

Isi dongdang yang dipenuhi aneka makanan juga menjadi sasaran serbuan warga dan anak-anak yang berebut untuk mencicipi hidangan lezat tersebut.

Perayaan ini menunjukkan betapa pentingnya kebersamaan dan kreativitas dalam memperingati hari-hari besar agama, serta bagaimana masyarakat dapat bersatu dalam perayaan yang penuh makna. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================