Menyulap Gang Roda III Surken Bogor Jadi Kawasan Destinasi Kuliner Legendaris

Gang Roda III
Pemkot Bogor tengah bersiap untuk menata kembali kawasan Suryakencana, sebuah area yang sudah lama menjadi tujuan wisata kuliner favorit.

TIMETODAY.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah bersiap untuk menata kembali kawasan Suryakencana, sebuah area yang sudah lama menjadi tujuan wisata kuliner favorit, terutama bagi pengunjung dari Jakarta.

Salah satu langkah terbaru yang akan diambil adalah mempercantik Gang Roda III sebagai lokasi baru untuk relokasi para pedagang kaki lima (PKL).

Gang Roda III, yang terletak di dekat jalan utama Suryakencana, rencananya akan diisi oleh para pedagang kuliner legendaris yang sebelumnya berjualan di pedestrian Jalan Suryakencana.

Advertisement

Penataan ini diharapkan tidak hanya mempercantik kawasan, tetapi juga memberikan ruang yang lebih tertib bagi para pedagang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah Dwikorawati, menjelaskan bahwa kawasan Suryakencana memang sudah dikenal sebagai pusat kuliner yang ramai dikunjungi wisatawan.

Namun, kondisi trotoar yang dipadati pedagang memerlukan penataan agar tetap nyaman bagi pejalan kaki dan pengunjung.

“Kita punya tujuh Gang Roda, dan dulunya Gang Roda I dan II didesain untuk spot foto dengan ornamen khas Tionghoa. Karena belum ada tempat relokasi PKL, kita putuskan Gang Roda III akan dimanfaatkan untuk menampung mereka,” ujar Syarifah setelah meninjau langsung lokasi, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga :  Maling Pagar Gereja Tertangkap Setelah Bersembunyi di Selokan

Syarifah juga menambahkan bahwa Pemkot Bogor akan mencari dana melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendanai penataan ini, karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak bisa digunakan untuk membangun fasilitas publik semacam ini.

Nantinya, pedagang kuliner yang dipilih untuk menempati Gang Roda III adalah mereka yang telah lama dikenal dengan makanan legendaris khas Bogor.

“Kami ingin desainnya sederhana tapi tahan lama, tidak perlu mahal. Ornamen yang terlalu rumit justru cepat rusak karena ini fasilitas publik,” tambahnya.

Gang Roda III menjadi prioritas dalam rencana relokasi ini, dan diharapkan mampu menampung hingga 8 pedagang.

Baca Juga :  Pengurus JJB Resmi Dikukuhkan, Ini Pesan Pj Sekda Suryanto Putra

Dari total sekitar 50 pedagang di kawasan Suryakencana, pihak Pemkot akan melakukan kurasi untuk memilih pedagang yang akan menempati gang tersebut.

Selain kuliner, beberapa pedagang barang antik atau loak juga dipertimbangkan, mengingat di banyak negara, pasar loak kerap menjadi daya tarik wisata.

Selain relokasi pedagang, Pemkot juga akan mensosialisasikan rencana revitalisasi ini kepada pemilik ruko dan toko di sekitar Gang Roda, dengan harapan dapat membuat kawasan Suryakencana semakin menarik bagi wisatawan. Rencana besar ini diharapkan bisa mulai berjalan tahun ini setelah pendataan dan desain rampung.

“Kami harap ini bisa memperkaya pengalaman wisata kuliner di Bogor dan memberikan kenyamanan bagi semua pihak, baik pedagang maupun pengunjung,” tukasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================