Pentingnya Memanaskan Mesin Sepeda Motor Injeksi Sebelum Beraktivitas

sepeda motor injeksi
Foto : Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Memanaskan mesin sepeda motor injeksi sebelum digunakan untuk beraktivitas sehari-hari sangat disarankan karena memberikan beberapa manfaat penting bagi kesehatan mesin.

Secara umum, memanaskan mesin di pagi hari atau sebelum perjalanan membantu menjaga keawetan sepeda motor.

Sirkulasi Oli Mesin

Advertisement

Mengutip dari situs Astra Honda Motor, menghidupkan mesin sepeda motor memungkinkan oli bersirkulasi ke seluruh bagian mesin, sehingga komponen internal yang saling bergesekan dapat terlumasi dengan baik. Ketika seluruh komponen mesin sudah terlindungi dengan oli, sepeda motor siap untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

Baca Juga :  Menilik Spesifikasi Toyota Innova Zenix dan Pindad Maung MV3 yang Ditumpangi Paus Fransiskus

Mengisi Daya Aki

Motor yang jarang digunakan dapat menyebabkan baterai atau aki menjadi lemah. Dengan menghidupkan mesin secara teratur, daya aki dapat terisi ulang, sehingga aki tetap dalam kondisi baik, terutama untuk motor yang lama tidak digunakan.

Mencapai Suhu Optimal

Memanaskan mesin juga bermanfaat untuk mencapai suhu optimal sebelum sepeda motor digunakan. Namun, pada motor modern, proses ini tidak memerlukan waktu lama karena teknologi canggih seperti PGM-Fi pada motor Honda memungkinkan mesin mencapai suhu optimal lebih cepat.

Baca Juga :  Pelayanan SIM Keliling Bogor, Sabtu 30 Maret 2024

Meskipun demikian, memanaskan mesin tetap disarankan, dengan catatan bahwa hal ini dilakukan sesuai petunjuk, yaitu cukup dengan menyalakan mesin dan membiarkannya idle tanpa perlu menarik tuas gas. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================