Menilik Spesifikasi Toyota Innova Zenix dan Pindad Maung MV3 yang Ditumpangi Paus Fransiskus

Pindad Maung MV3
Pindad Maung MV3. Foto: dok. PT Pindad.

TIMETODAY.ID – Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, menggunakan dua jenis kendaraan khusus selama kunjungannya di Indonesia. Kendaraan tersebut adalah Toyota Innova Zenix dan Pindad Maung MV3 yang telah dimodifikasi khusus.

Agenda kunjungan Paus meliputi pertemuan dengan Presiden Jokowi, tokoh agama, umat Katolik, serta kunjungan ke Masjid Istiqlal dan Gelora Bung Karno.

Khususnya, Paus Fransiskus akan menggunakan popemobile yang dikembangkan dari Pindad Maung MV3 Tangguh. Foto dan video yang tersebar di media sosial menunjukkan mobil ini dengan atap terbuka dan penutup khusus di bagian depan.

Advertisement

Di bagian belakang, mobil ini dilengkapi dengan pintu dan tangga untuk memudahkan penumpang naik turun kendaraan.

Baca Juga :  Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 29 Agustus 2024

Melansir beberapa sumber, Pindad Maung MV3 Tangguh dilengkapi dengan mesin turbo diesel 2.200 cc yang menghasilkan tenaga maksimum 199 dk dan torsi puncak 441 Nm. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.977 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.820 mm.

Pindad Maung MV3
Toyota Innova Zenix.

Selain modifikasi pada atap dan warna putihnya, detail modifikasi lain pada mobil ini belum dipublikasikan.

Popemobile ini menggunakan pelat nomor khusus bertuliskan “SCV 1”, yang merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae atau Negara Kota Vatikan, dengan angka 1 menunjukkan Paus Fransiskus sebagai Kepala Negara Vatikan.

Ketua panitia kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan, menjelaskan bahwa popemobile ini akan digunakan saat Paus berada di GBK.

Baca Juga :  Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 7 Juni 2024

“kendaraan yang diproduksi oleh Pindad itu adalah Maung yang digunakan untuk inspeksi dan menyapa umat saat misa di GBK,” kata Jonan.

Selain Pindad Maung, Paus Fransiskus juga menggunakan kendaraan biasa, yakni Toyota Kijang Innova Zenix.

Toyota Kijang Innova Zenix adalah generasi ketujuh dari Toyota Kijang yang diluncurkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada November 2022.

Model ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin konvensional 1.987 cc dan mesin bensin yang digabungkan dengan motor listrik atau hybrid. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================