Mencicipi Sate Klopo, Kuliner Legendaris Khas Surabaya

sate klopo
Sate Klopo, Kuliner Legendaris Khas Surabaya. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID –  Sesuai namanya, sate klopo berasal dari bahasa Jawa yang berarti sate kelapa.

Sate klopo khas Surabaya ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi dan lemak yang dibalut dengan bumbu kelapa parut, kemudian dibakar. Lapisan kelapa ini memberikan keunikan tersendiri pada sate tersebut.

Bumbu kelapa memberikan aroma khas dan menambah kelezatan pada daging sapi yang dipanggang. Biasanya, sate kelapa disajikan dengan lontong atau nasi.

Advertisement

Sate Klopo Surabaya sangat populer. Hal ini membuat para pengunjung rela mengantri panjang dan sering kali kehabisan di warungnya.

Baca Juga :  Mencicipi Tekwan dan Pempek Hengki Asli Palembang di Bogor, Harganya Mulai 7 Ribu Rupiah

Salah satu warung sate klopo paling terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen, yang kini berada di jalan Wali Kota Mustajab.

Nama Ondomohen sendiri berasal dari bahasa Belanda. Ondomohen adalah nama jalan tempat warung ini pertama kali berdiri.

Meskipun nama jalan telah berubah, warung ini tetap menggunakan nama Ondomohen karena sudah dikenal oleh para pelanggan.

Warung Sate Klopo Ondomohen didirikan oleh Ibu Asih, yang kini sudah lanjut usia.

Dahulu, warung ini hanya buka dari jam 6 pagi hingga jam 1 siang. Namun, seiring bertambahnya jumlah pelanggan, jam buka berubah menjadi dari jam 6.30 pagi hingga 11.30 malam.

Baca Juga :  Damar Langit Bogor: Destinasi Tepat untuk Self Healing

Sebagai informasi tambahan, warung ini tidak hanya menyediakan sate kelapa, tetapi juga tersedua sate ayam yang tak kalah lezat dan empuk.

Untuk harga, semua sate di sana dijual sekitar Rp 20.000 per porsi. Setiap porsi berisi sepuluh tusuk sate dengan pilihan tambahan nasi atau lontong. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================