Jersey Paralimpiade Paris 2024: Menyatu dengan Semangat dan Keindahan Nusantara

Paralimpiade Paris 2024
Widia Angel, Atlet Para Powerlifting Indonesia. Foto : IInstagram @npcindonesia)

TIMETODAY.ID – Pada ajang Paralimpiade Paris 2024, jersey atlet Indonesia tidak kalah menarik dibandingkan dengan jersey Olimpiade yang didesain oleh Didit Hediprasetyo.

Kali ini, jersey Paralimpiade dirancang oleh Didiet Maulana dari label IKAT Indonesia, yang bekerja sama dengan Mills, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta National Paralympic Committee Indonesia (NPC).

Jersey ini diberi nama ‘Sandya Niskala,’ yang dalam bahasa Sansekerta berarti persatuan (Sandya) dan kekuatan (Niskala). Menurut postingan di Instagram IKAT Indonesia, koleksi ini terinspirasi dari kekuatan, keberanian, dan tekad para atlet Paralimpiade Indonesia yang tidak pernah menyerah.

Advertisement
Baca Juga :  Pelestarian Penca Pusaka Cimande Bogor

Sandya Niskala diharapkan menjadi simbol motivasi dan persatuan, mendukung sportivitas, serta merayakan prestasi para atlet Indonesia yang akan berjuang di Paralimpiade 2024,” tulis IKAT Indonesia di keterangan unggahannya, dikutip timetoday.id, Rabu(28//8/2024).

Paralimpiade Paris 2024

Jersey ini mengambil inspirasi dari keindahan Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya dengan budaya yang beragam, yang tercermin dalam motif ikat spesial. Filosofi Bhinneka Tunggal Ika diintegrasikan dalam desain yang sporty, dinamis, dan penuh semangat.

Didiet mengungkapkan bahwa tantangan utama dalam mendesain jersey ini adalah menciptakan desain yang memiliki standar internasional namun tetap mempertahankan ciri khas Indonesia.

Baca Juga :  Tim Sepak Bola Kota Bogor Sabet Tiket Final Kejurda U-14 Piala PSSI Jabar

Motif pada jersey ini menggambarkan pola geometris yang mengalir seperti gelombang laut, melambangkan Indonesia sebagai negara kepulauan, serta menggambarkan perjuangan dan optimisme para atlet.

Paralimpiade Paris 2024 akan berlangsung dari 28 Agustus hingga 8 September mendatang, dan Indonesia akan diwakili oleh 35 atlet yang berkompetisi dalam 10 cabang olahraga.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================